Yosi ‘’Project Pop’’

Yosi ‘’Project Pop’’

Published On Desember, 19 2012 | By Vido Fransisco Pardede

WITHOUT JESUS I’M NOTHING

                “Maaf ya mba, saya lagi sibuk, hubungi ke manajer saya aja dulu…tuts tuts tuts,” telpon kemudian ditutup. Sepenggal kalimat di atas adalah salah satu dari beberapa cerita yang paling sering di jumpai para media saat menghubungi artis yang sudah merasa di atas angin untuk sebuah wawancara exclusive. Namun suami dari Aprilla Iryani Fahani Faisal ini dengan hangatnya membuka percakapan diujung telpon dengan PRAISE yang notabene baru saja dikenal beberapa detik lalu. “Iya saya akan datang,” janjinya. Exactly, tepat di jam yang telah di janjikan akhirnya wawancara mulai berjalan dengan baik. Waktu ditanya PRAISE apakah anda tidak takut menerima telpon dari nomor yang tidak dikenal, Yosi memberikan sebuah jawaban yang mengejutkan: “Tidak, saya tidak takut, saya sih belum merasa terkenal” jawabnya dengan rendah hati.

     Artis dan musisi  yang dikenal dengan nama lengkap Hermann Josis Mokalu atau Yosi Project Pop adalah seorang penyanyi di Indonesia yang bergabung dalam formasi band komedi Project Pop. Kepribadianya kocak, supel dan ramah. PRAISE berkesempatan mewawancarinya, di sela-sela acara sebelum ia tampil pada event persekutuan yang diadakan di salah satu sport club di bilangan Kelapa Gading.

MENGAWALI KARIR DARI ISENG

                Pria berdarah Manado ini memulai kariernya berawal dari sebuah keisengannya untuk menuangkan puisi dan nge-rap lagu bahasa Inggris yang masih terkesan ngaco. Ada satu pengalaman yang tidak akan pernah ia lupakan seumur hidup. “Waktu itu saya masih duduk di bangku SMU, sayadiminta untuk mengisi sebuah acara 17 Agustus-an. Saya mencoba untuk menghibur dan membuat sebuah joke (red. lelucon, lawakan), tragis banget saya gagal hari itu, tidak seorang pun yang tertawa”, kenangnya. Menurut Yosi untuk sukses harus melewati badai kegagalan dan semua harus diawali dari hal-hal yang kecil. Dia tidak pernah berhenti mencoba. Saat duduk di bangku kuliah ia dan rekannya Iwa K membuat sebuah grup rap yang di sponsori oleh salah satu radio swasta di Bandung. “Saya bersyukur hidup di lingkungan yang baik, yang membuat saya termotivasi untuk menemukan bakat. Kegagalan pasti ada, namun karena ada di lingkungan yang baik maka kegagalan adalah pecutan untuk mencoba lagi. Dulu saya tidak bisa menbuat  lagu, tetapi saya punya pemikiran “everything happen for reason” artinya semua hal yang terjadi untuk sebuah alasan”, ungkap Yosi. “Dan karena kita percaya Tuhan yang memberikan rancangan damai sejahtera bagi  hidup kita, rancangan-Nya atau alasan apapun itu  adalah damai sejahtera, dan baik bagi hidup kita” , tambahnya sambil tersenyum.

KOMIK DAN GAME MENJADI INSPIRASI?

                Sama seperti hitam dan putih demikianlah hidup, selalu ada pro dan kontra.  Pria penyuka es teh manis ini juga pernah mendapat kritikan, namun tak sedikit juga pujian terdengar dari para fansnya. Ayah dari Raina Abigail Putri Lantang dan Reuben Ayolla Panji Mokalu ini juga pernah dikritik beberapa orang karena di umur yang ke 41 masih saja mempunyai hobby langka di kalangan orang tua yakni baca komik dan main game. Namun Yosi sendiri tidak mau pusing dengan komentar yang ada. “Ya sangat senang jika ada orang yang selalu pro dan kontra karena memang hidup akan selalu begitu adanya. Saya rasa itu adalah hal yang wajar ya, karena memang orang berbeda-beda sifat dan karakternya. Tidak apa-apa hal tersebut terjadi karena memang hidup akan selalu seperti itu, tapi saya akan tetap menjadi diri sendiri. Saya sering menemukan lagu lewat baca komik dan main game. Yang penting saya bisa menempatkan diri kapan harus serius dan bercanda”, ungkapnya.

WITHOUT JESUS, I’M NOTHING

                “Saya tanpa Yesus pasti mati,  saya terlalu kecil sehingga butuh pertolongan-Nya”. Itulah pengakuan  tegas yang keluar dari bibir pria penyuka warna hitam dan putih ini.  Walaupun ia belum pernah menelurkan sebuah album rohani tapi kini ia telah memproduseri sebuah album rohani.

“Kalau nyanyi lagu rohani saya sih mau, bukan buat album rohani karena 15 tahun yang lalu saya tergabung dalam Project Pop sudah buat kesepakatan dengan produser atau perusahaan recording. Jadi saya mau belajar untuk pegang omongan saya. Mungkin kalau untuk memproduseri album rohani saya bisa. Dan saya ada keinginan untuk memproduseri band rohani sekaligus mempopulerkan lagu-lagu rohani termasuk lagu anak-anak dari berbagai kalangan”.

Antara kehidupan rohani dan pelayanan Yosi sampai saat ini pun terbilang sukses. Pria penyuka musik hip hop ini pun tidak pernah menorehkan tinta merah dalam hidupnya. Dalam pelayanan pun ia banyak menyumbangkan ide-ide seperti pada saat ia menjadi Host di 2 acara rohani yang berbeda di stasiun TV swasta, Solusi Life dan One Cube. Semuanya untuk kemulian nama Tuhan Yesus.

Secret Message Dari Lagu kecil tapi hebat

Mungkin sebagai pembaca dan pendengar sudah tahu mengenai Lagu ‘Kecil Tapi Hebat’ single kedua  dari . Bahkan lagu tersebut juga menjadi theme song sebuah program serial animasi berjudul ‘Didi Tikus.’ Tapi sudah tahukah anda bahwa Yosi lah yang menciptakan lagu tersebut. “Saat saya lihat materinya, tikus itu kan bertubuh kecil. Tetapi kecil di sini berarti lincah, enerjik, disukai banyak orang. Ini menggambarkan hal-hal hebat. Saya pikir, lagu ini cukup kuat buat menjadi inspirasi bagi anak-anak bahwa kecil itu bukan berarti nggak bisa ngapa-ngapain,” jelas Yosi.  Sebenarnya secret message dari lagu ini ada biblical value nya, yaitu peristiwa Daud vs Goliath. Intinya adalah jangan pernah memandang diri kita seorang yang kerdil. Diawal kan saya bilang bahwa Tuhan sudah memberikan talenta bagi tiap-tiap pribadi. “Intinya adalah jangan takut gagal ingat bahwa everything happen for reason,” tambahnya lagi

Robena Hutabarat BLue-miracLe:

orangnya perfect,,,

Elizabeth Yunita Sari: baik, cinta Tuhan

Ditha W Rahayu: lucu, nice

Yan Jo Samuel: Yg jelas dia orng Manado

De Jovy:  berhasil dalam gereja berhasil dalam sekuler

Desy Natalia:  Gokil

Nathalia Kambey: Humoris anak Tuhan, gaul (yang positif). Meskipun dia sdh sukses di sekuler  tp dia tdk pernah lupa sama Tuhan. Good man! Aq suka acara `one cubed` yg dibawain dy.

Marsdaniela Calestial: lucu bgt dan menyenangkan dan dapat menjadi inspirasi bagi kehidupan orang banyak,cayoooooo kak Yosiiie

Randy Rafastoufel:  good public figure.

Antara kehidupan rohani dan pelayanan Yosi sampai saat ini pun terbilang sukses. Pria penyuka musik hip hop ini pun tidak pernah menorehkan tinta merah dalam hidupnya. Dalam pelayanan pun ia banyak menyumbangkan ide-ide seperti pada saat ia menjadi Host di 2 acara rohani yang berbeda di stasiun TV swasta, Solusi Life dan One Cube. Semuanya untuk kemulian nama Tuhan Yesus.

SECRET MESSAGE DARI LAGU KECIL TAPI HEBAT

                Mungkin sebagai pembaca dan pendengar sudah tahu mengenai lagu ‘Kecil Tapi Hebat’ single kedua  dari Project Pop. Bahkan lagu tersebut juga menjadi theme song sebuah program serial animasi berjudul ‘Didi Tikus.’ Tapi sudah tahukah Anda bahwa Yosi-lah yang menciptakan lagu tersebut. “Saat saya lihat materinya, tikus itu kan bertubuh kecil. Tetapi kecil di sini berarti lincah, enerjik, disukai banyak orang. Ini menggambarkan hal-hal hebat. Saya pikir, lagu ini cukup kuat buat menjadi inspirasi bagi anak-anak bahwa kecil itu bukan berarti nggak bisa ngapa-ngapain,” jelas Yosi.  Sebenarnya secret message dari lagu ini ada biblical value nya, yaitu peristiwa Daud vs Goliath. “Yang penting jangan pernah memandang diri kita seorang yang kerdil. Diawal kan saya bilang bahwa Tuhan sudah memberikan talenta bagi tiap-tiap pribadi. Intinya adalah jangan takut gagal ingat bahwa everything happen for reason, tambahnya lagi. *(TN/JR / Praise #19 / 2011)
Sumber: www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus