Yoo Ye-eun

Yoo Ye-eun

Published On Desember, 17 2012 | By Vido Fransisco Pardede

PIANIS CILIK YANG BUTA

     Setelah PRAISE menyajikan Liu Wei, pianis tanpa lengan(kateg: Mancanegara) dan juga sosok Tony Melendez, gitaris tanpa lengan (kateg: Mancanegara). Kali ini kisah dari Korea, seorang bocah yang mengalami kebutaan sejak lahir, tetapi bocah prasekolah asal Korea Selatan ini sudah menjadi pianis dunia. Yoo Ye-eun namanya, usianyapun ketika itu baru 5 tahun. Here is the incredible little girl!

     Kecintaannya yang begitu besar terhadap piano membuat Yoo tidak bisa lepas dari benda yang satu itu. Yoo memang bocah ajaib. Ia tidak pernah belajar piano secara formal, bahkan mungkin ia tak tahu wujud pianonya itu sendiri. Tapi hebatnya, Yoo bisa memainkan lagu hanya dengan mendengarnya sekali saja. Ia mengandalkan intuisi dan pendengarannya, karena yang pasti bocah ini tidak bisa melihat partitur lagunya. Namun demikian, jari-jari mungilnya itu dengan tepat menemukan not-not dalam piano. Kondisi inilah yang membuat ratusan penonton takjub, bahkan banyak yang berlinang air mata, saat menyaksikan dentingan piano dari seorang anak yang tak mengenal putus asa. 

MASA LALUNYA KELAM

     Di balik talentanya, ternyata Yoo punya masa lalu yang begitu kelam. Ia ditelantarkan sejak lahir, karena dibuang oleh orang tuanya. Kemudian Yoo Chang Yoo, seorang laki-laki berkursi roda akibat sebuah kecelakaan dan isterinya yang mandul, Park Jeong-Soon, mengadopsi Yoo pada bulan Juli 2002. “Kami tak pernah mendapat kesulitan untuk membesarkannya,” kata pasangan Yoo dan Park kepada majalah Woman Donga.

     Cerita yang menakjubkan ini berawal ketika Yoo berusia 3 tahun dan diberi sebuah piano tua oleh seorang tetangganya. Orangtua angkatnya langsung dibuat terkejut karena tiba-tiba saja Yoo memainkan sebuah lagu Korea yang sering dinyanyikan ibu angkatnya tersebut.  “Nadanya sangat sempurna meski dia belum pernah belajar piano. Kami tidak pernah mengajarinya,” kenang Park. Ibunya merasa tidak pernah mengajari Yoo bermain piano. “Dia bisa memainkan sebuah lagu dengan piano hanya dengan mendengarkannya sekali,” kata Park Jeong Soon, ibu angkatnya. Sejak itulah ia belajar piano secara otodidak melalui lagu-lagu yang didownload oleh ibu angkatnya dari internet.

MEMAINKAN LAGU KLASIK DAN POP

     Yoo memang sangat berbeda dengan anak pada usianya. Di usianya yang masih seumur jagung, ditambah keterbatasan penglihatan sejak lahir, Yoo mampu memainkan karya-karya komponis besar seperti Mozart, Chopin, maupun Beethoven. Padahal untuk mempelajari dan memainkan lagu-lagu klasik agak sulit, mengingat kedua tangan harus tepat menekan tuts-tuts piano supaya sesuai partitur aslinya  Namun Yoo tidak memerlukan waktu lama. Sekali dengar, dia bisa langsung membawakan lagu itu dengan sempurna tanpa melihat teks lagu. Lagu-lagu pop yang sedang ngetrend pun ‘dilahap’ olehnya. Absolutely perfect…!

      Bukan hanya bermain piano, Yoo juga pandai menyanyi. Suaranya yang polos, terdengar merdu. Bukan hanya di situ, bocah Korea ini dapat menyanyi sekaligus bermain piano. Namun demikian, keajaiban Yoo sempat tertutup rapat selama dua tahun. Hingga suatu hari Yoo tampil dalam sebuah program pencarian bakat di televisi Korea, Star King.

     Awalnya, Park membawa putrinya ke Star King karena dia ingin Yoo Ye-Eun bisa bermain untuk orang banyak. Namun, dia tak pernah membayangkan reaksi luar biasa dari para pendengar permainan putrinya itu. Saat diperkenalkan di atas panggung, penonton bisa mendengar suara bocah itu bertanya, "Di mana pianonya."Sorot lampu panggung lantas menunjukkan seorang bocah mungil mencari kursi piano.

     Ratusan penonton berlinang air mata saat Yoo memainkan piano. Saat itu jemari mungilnya memainkan ‘Fur Elise’, komposisi karya Beethoven. Yang membuat penonton terharu bukan karena lirik lagu itu, melainkan karena penampilan pianisnya, Yoo Ye-Eun, warga Korea yang baru berumur lima tahun itu yang terlahir buta (http://www.youtube.com/watch?v=QLkLPTZt2iE).

     Puncaknya di saat Yoo membawakan lagu ‘You Were Born to be Loved’, dimana  Yoo selain memainkan piano, juga bernyanyi. Tangannya begitu lincah meraba untuk mencari not yang dibutuhkan guna mengiringi lagu tersebut. Tak ayal lagi, para juri dan penonton begitu terharu sekaligus kagum akan keistimewaan yang Tuhan berikan. Yoo berhasil menjadi juara pertama dengan mendapatkan hadiah sebesar 1 juta won atau setara dengan Rp 9,1 miliar (http://www.youtube.com/watch?v=Q1iCnTeNecI).

     Sejak itu, namanya pun mencuat di kalangan masyarakat. Yoo diberi julukan “Si Jenius Mozart Berumur Lima Tahun”. Penampilannya pun diposting dalam sebuah website di Korea, Pandora TV, dan telah diputar lebih dari 27,5 juta kali oleh lebih dari 2 juta pengunjung YouTube. Sehingga sebenarnya aksi pianis cilik ini bukan rahasia lagi bagi dunia.

     Sejak itulah Yoo Ye-Eun berkeliling dunia. Ia tampil memukau di Los Angeles pada bulan September tahun 2008. Pertunjukannya itu merupakan bagian dari festival Hari Korea. Hal itu membuatnya semakin terkenal di dunia. Tahun 2007 lalu, sebuah televisi Tokyo, Jepang pun telah mengirimkan undangan. Bocah itu bahkan sudah punya sponsor khusus, yaitu seorang bos dari perusahaan konstruksi di Dubai yang melihat penampilannya melalui Star King.  Sekitar bulan November 2008, Yoo juga memainkan karya Frederic Chopin di hadapan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Di hari yang sama, Yoo menyempatkan diri untuk mengiringi paduan suara sekolah yang membawakan lagu tradisional Singapura tanpa mendengar lagu itu sebelumnya.

     Popularitas bocah ajaib itu memang tak terbendung. Bulan Mei 2010 lalu Yoo kembali tampil di Star King untuk mengiringi Connie Talbot, penyanyi berusia 7 tahun asal Inggris, membawakan lagu ‘You Raise Me Up’ . Yang menarik, di awal lagu ketika Connie Talbot menarik suara tidak sama dengan kunci Nada piano. Lalu memasuki kalimat kedua dalam lagu tersebut, Yoo Ye-Eun mampu menyamakan nada Dasar piano dengan tinggi suara Connie. Hal ini hanya dapat dilakukan bagi musisi yang memiliki pendengaran yang tajam dan feeling yang kuat.  (http://www.youtube.com/watch?NR=1&v=dMre-BqL0y0)

     Wow, sepertinya musik sudah mendarah daging dalam diri Yoo dan sudah menjadi terapi khusus untuk mengobati masa lalunya yang penuh tragedi.

KETERBATASAN BUKAN PENGHALANG

     Berita keajaiban itu telanjur menyebar luas. Tawaran bantuan keuanganpun membanjir. Beberapa dokter handal pun juga tidak henti-hentinya menawarkan operasi untuk memulihkan penglihatan Yoo. Tapi sayang, mereka gagal total. Yoo Ye-Eun tetap buta. Operasi yang dijalaninya belum membuahkan hasil hingga kini. Meskipun gadis mungil ini tetap buta, keterbatasannya tidak menjadi penghalang untuk terus berkarya. Kini Yoo terus berlatih setiap hari dengan piano yang disumbangkan oleh kelompok musik Super Junior.

     Walaupun dengan keterbatasan penglihatan, Yoo mampu membuat dunia kagum padanya. Jari-jarinya yang lentik dapat memainkan piano dengan sangat indah. Keterbatasannya tidak menjadi penghalang bagi dirinya untuk berkarya. Sebuah kemampuan dan semangat luar biasa yang dimilikinya. Bagaimana dengan Anda ?! (Dari berbagai sumber/Yis / Praise #22 / 2012)
Sumber: www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus