YANG MENARIK di RESITAL MUSIK KMP MAZMUR DAUD

Published On Juli, 28 2019 | By Wahyu Syahputra Rajagukguk

YANG MENARIK di RESITAL MUSIK KMP MAZMUR DAUD
27 Juli 2019
Majalah Praise Online,  28 Juli 2019

Setelah menyelesaikan `Seminar WL` dengan tema `Prophetic Ministry` 15 Juni sd 6 Juli yang lalu, Tim Kursus Musik Praktis Mazmur Daud kembali menyelenggarakan RESITAL MUSIK di tempat yang sama,  yaitu di gedung kampus Sekolah Tinggi Teologia Rahmat Emmanuel (STT REM), Jl. Pelepah Kuning III Blok WE 2 No. 04 G-K Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Resital musik yang diadakan oleh KMP ini merupakan suatu bentuk pertunjukan yang merupakan hasil belajar para siswa dari kelas Keyboard, Vokal dan juga kelas Paduan Suara.

Tujuan diadakannya Resital musik adalah untuk menguji dan mengevaluasi apa yang sudah dipelajari dan dilatih dalam berbagai kelas di KMP.  Karena KMP memiliki motto `PRAKTIS,  MUDAH,  SINGKAT dan TERJANGKAU`, maka metode dan tehnik yang dipakai sangat mudah,  praktis,  berharap dalam waktu 3 sd 6 bulan,  siswa sudah bisa mempraktekkan dengan baik apa yang diberikan dan dilatih dalam kelas. Resital ini adalah ajang tampil semua siswa KMP, yang dianggap sudah bisa tampil dengan baik.  Melalui audisi dan rekomendasi instruktur yang bersangkutan,  siswa diagendakan dalam acara Publik yang dinamakan Resital Musik dari KMP. 

Acara Resital Musik KMP dibuka oleh Dr. Yogi Dewanto,  perwakilan pengurus STT REM,  yang bukan hanya menyambut baik salah satu bentuk kegiatan program musik STT REM tetapi mengapresiasi karena KMP berhasil melampaui batas-batas denominasi bahkan agama,  untuk memperkenalkan bahwa bermain musik atau bernyanyi itu mudah dan praktis. 

Unik dan menantangnya,  acara Resital yang biasanya hanya menonton pertunjukkan permainan alat musik atau menyanyi,  kali ini tim KMP Mazmur Daud menunjuk 4 Juri yang berpengalaman di bidang nya,  seperti Lia Melinda (Penyanyi, Pemimpin Padus & Vocal Coach),  Danny Titaley (Dosen STT REM & Penyanyi),  Yusak Itong (Dosen STT REM & Guru Musik sekaligus ketua Program musik STT REM) dan 1 juri tamu, Andrea Maulana (Jazz Vocalist, Vocal Coach Indonesian Idol, Puteri Indonesia & Make Up Artist).

Ditambah lagi,  audience yang datang diberi kesempatan menilai pertunjukan tiap siswa KMP di kertas VoA (Voice of Audience),  yang sudah dibagikan ketika awal datang di Kampus STT REM lantai 4 di bilangan Kelapa Gading. 

Para peserta Resital yang berjumlah 19 dari 40 siswa yg ikut kursus, memiliki keistimewaan masing-masing.  Ada yang memiliki pita suara di atas vokal standar,  "Harus punya ciri khas sendiri, seperti jika ada banyak kaos warna biru,  kaos mana yang Anda akan pilih?  Kaos yg beda kan? ", kata Andrea Maulana ketika diberi kesempatam menilai salah satu peserta KMP kelas Vokal.

Acara Resital Musik yang semula diperkirakan berdurasi 3 jam,  ternyata prakteknya beda.  Mulai pk 13:00 selesai nya pk 17:00. Menarik nya,  tidak ada audience yang pulang karena kelamaan.  "Acaranya keren  dan tidak monoton," demikian komentar Ria, salah satu peserta KMP,  yang mengisi acara dengan permainan piano dengan konsep iringan lagu "Tuhan Ku Percaya".  Menarik nya lagi ada 3 peserta yang bukan Kristen,  tapi dalam penampilan menyanyikan lagu Kristen. Salah satunya Bu Semiwati,  kelas vokal yang berprofesi sebagai advokat, melagukan `Indah RencanaMu` dengan Kunci Nada G, karena memiliki area suara di Alto, membuat terpukau semua juri,  sehingga mendapat standing Applause dari salah satu juri. Karena berhasil menyanyikan lagu tsb dengan penjiwaan yang dalam ditambah ekspresi nya yang membuat audience terharu. 

Ada yang menarik lagi ketika 3 siswa KMP cabang Tomang Barat,  yang memainkan instrumental lagu ` PadaMu Ku Berseru` dengan membagi tugas permainan di 3 keyboard:  Vivi dengan piano nya (chord), Febe membunyikan melodi dengan suara Flute dan Oboenya serta Bunga,  memainkan music Style drum slow beat merangkap bass.

Peserta terakhir,  diisi oleh paduan suara Mazmur Daud yang anggotanya kebanyakan mahasiswa STT REM. Kompak dengan seragam dan gerakan nya mengumandangkan lagu `Datanglah Oh Tuhan` adaptasi dari lagu batak `Sigulempong`. Sehingga ketika hasil penilaian dikumpulkan,  Tim Padus Mazmur Daud meraih suara ke 2 terfavorit dari audience.  Sedangan Tim musik Tomang Barat berhasil mengumpulkan suara terbanyak ke 3. Audience`s Favourite yang pertama jatuh pada Ezra,  salah satu siswa Kelas Vokal.  Yang membawakan lagu `Permata Hatiku` yang berimprovisasi mirip Semi Simorangkir.  Ezra rencana ikut dalam Indonesian. idol,  tanggal 28 Juli

 2019.

Di Penghujung acara,  menarik nya bukan di 5 bingkisan dan doorprize, tetapi tampilnya 3 juri sekaligus,  Yaitu Lia Melinda dan Danny Titaley  dengan lagu `The Prayer` yang diiringan apik olehYusak Itong.  Tak ayal penonton terhibur dan terpukau atas penampilan para instruktur KMP.  Andrea Maulana pun tak mau kalah,  beliau menyanyikan lagu `Oh Happy Day,  dengan genre jazz yang diiringi tim musik KMP.

Terjawab sudah pertanyaan banyak orang tentang belajar musik atau bernyanyi itu sulit atau mudah?  Terbukti ada yang waktu masuk kelas vokal,  suaranya fals, artikulasi tidak jelas, kesulitan mengatur pernafasan, tetapi ketika dilatih di KMP,  ternyata 2 bulan setengah sudah bisa menyanyi dengan baik. Dan Juga ada siswa yang sama sekali tidak mengerti tentang notasi musik,  namun setelah belajar 3 bulan,  sudah diminta iringin musik keyboard di gereja nya.
Haha... Siapa bilang Bermusik itu sulit?!! 

 
Jika Anda minat masuk KMP,   bisa hubungi Kezia (081908116111) atau Wahyu (0818740367).

Yis/Yu/Yos


COMMENT


.news-comments powered by Disqus