Workshop Musik Rohani Secara Biblical dan Techical

Published On Juni, 13 2013 | By Vido Fransisco Pardede

Tangerang, Juni 2013

     Bertempat di CWS House Of Grace BSD City Tangerang pada 15 Juni 2013, dihadiri oleh jemaat setempat dan beberapa jemaat dari GKRI Eben Haezer Bojong, Rawa Buaya. Diawali dengan pujian pnyembahan yang dipimpin oleh Anton, panitia setempat. Acara ini terbagi dalam 2 acara, sesi pertama (pk 9 sd 12 wib)diisi oleh Yusak I Suryana STh, yang mengulas tentang  Pelayanan Praise & Worship (Musik Rohani) dalam ibadah yang dikupas secara Alkitabiah dan di sesi yang kedua (pk 13 sd 17 wib) diisi oleh Team Verse Of the Day (VOD) band yang membagikan Aspek Tehnis dalam bermusik dan bernyanyi

Di sesi pertama Yusak I Suryana mengulas materi tentang beberapa teori Pelayanan Musik Rohani, di antaranya:

  1. Makna Allah bersemayam di atas puji-pujian umatNya yang diambil dari Mazmur 22:4. Penjelaskannya menjadi lebih dalam manakala dibandingkan dengan Mazmur 139 dan matius 18:20 tentang kehadiran Tuhan.
  2. Daud diambil sebagai contoh musisi yang menangkap kesukaan Tuhan dalam hal pujian dan penyembahan (musik rohani) yang kemudian dibentuklah Tim Musik dari para Lewi dengan 5 Syarat, yaitu harus memiliki : Skill, Sanctification, Submission, Kepekaan, Kesehatian. Konsep bermusik seperti ini juga baik dalam ibadah maupun peperangan, Misalnya dalam hari raya pondok daun pada zaman Raja Salomo (2 Taw 7:6 , 8:14), waktu Hizkia menguduskan Rumah Tuhan (2 Taw 29:25-27), dan ketika Yosia merayakan Paskah (2 Taw 34:12).
  3. Di luar ibadah, konsep Musik Daud pun dipakai oleh beberapa raja dan pemimpin Israel, misalnya ketika Yosafat takut menghadapi musuhnya, waktu Yosua mau meruntuhkan tembok Yerikho. Telah terbukti, dalam PL, manakal Daud memainkan kecapi (instrumental) di depan Saul dan roh jahat di dalam Saul keluar, serta dalam PB ketika Silas & Paulus di dalam penjara dan mereka menyanyikan kidung pujian (hymne) tanpa alat musik dan pintu-pintu penjara terlepas.

Di akhir sesi pertama juga diulas tentang 2 macam nyanyian di Surga yaitu nyanyian Musa dan Nyanyian Anak Domba (Wahyu 5).
     Di sesi yang kedua giliran Tim band VOD yang mengambil bagian, mereka menjelaskan tentang aspek tehnis bermusik, mulai cara mengansemen musik dan menentukan tema lagu dalam pujian dan penyembahan. Pelajaran semakin asyik ketika mereka pun memberikan contoh bagaimana cara mengaransemen dengan Pola Ritme dan Harmoni, cara menentukan tema, dan mengenal struktur sebuah lagu. Tak hanya lagu, mereka juga membahas tentang teknik individual,yaitu:

  1. Vocal, di sini mereka menjelaskan jenis-jenis suara manusia. Salah satu personil VOD Davina menjelaskan sambil mencontohkan suara Chest Voice & Head Voice. Selain itu Davina juga menerangkan teknik-teknik vokal seperti pitch control, breath control, power, articulation, interpretation, improvisation, rhythm.
  2. Worship Leader VOD yaitu Thony Ronaldo menerangkan tugas dari seorang Worship Leader dan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang Worship Leader. Tak hanya menjelaskan saja, dia juga mencontohkan bagaimana sikap, bahasa tubuh, dan cara bermazmur.

Workshop Musik Rohani di House of Grace GPPK CWS BSD pada 15 Juni 2013 diselenggarakan karena kebutuhan para pelayan musik yang mau mengembangkan diri dan menerapkan musik Gereja sesuai dengan yang Alkitab tulis dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Tak ayal, penjabaran bermusik mulai dari kaca mata Alkitab yang mensyaratkan kehidupan pribadi yang harus kudus dan bagaimana satu tim musik meracik lagu sehingga menjadi menu yang siap saji bagi jemaat, tentu sangat memberkati dan menjadi bekal untuk diterapkan di gereja masing-masing. Acara Workshop Musik tersebut ditutup oleh Pdt. Herry Wuntu, gembala Sidang setempat. Selamat praktek deh...!!  (VF) www.majalahpraise.com

(Untuk Teknikal selengkapnya bisa dilihat di sini !!!)
(Untuk Biblical selengkapnya bisa dilihat di sini !!!)


COMMENT


.news-comments powered by Disqus