William “Duce” Branch Alias The Ambassador

William “Duce” Branch Alias The Ambassador

Published On Desember, 13 2012 | By Vido Fransisco Pardede

Holy Hip Hop

            Budaya HipHop yang mengekspose kemewahan dan cewek-cewek seksi telah menjadi stigma di mata kebanyakan orang yang mengamati. Namun daripada kita berdiri sebagai hakim yang hanya bisa melihat sisi gelapnya, lebih baik memikirkan untuk memenangkan orang-orang yang berada dalam dunia Hip Hop tersebut. The Ambassador, salah seorang yang berani membuat terobosan untuk masuk ke dunia mereka dan memenangkan mereka bagi Kristus. Ia menyatakan bahwa  Holy Hip-Hop adalah bagian dari rencana Tuhan untuk menjangkau orang dengan Injil.

            Melawan latar belakang dari kultur Hip-Hop yang serba glamour tersebut, The Ambassador dengan skill-nya yang oke membuktikan validitas dari Holy Hip-Hop sebagai alat Tuhan bagi penginjilan kaum urban (perkotaan). Tak hanya pandai menyanyi, ia pun mendapat gelar Bachelor of Science in Bible dari Lancaster Bible College dan juga Master Degree in Theology dari Dallas Theological Seminary. Tesis bagi kuliah Master-nya adalah Implikasi Teologi dari Kultur Hip-Hop (Theological Implications of Hip-Hop Culture) menjadi inspirasi baik bagi albumnya dan pembukaan untuk sebuah buku lebih lanjut lagi mengenai isu tersebut.

            Dalam thesisnya, ia menyatukan latar belakang Holy Hip-Hop, dahulu, masa sekarang, dan ke depannya sebagai mekanisme berkomunikasi pandangan yang biblikal dan menggunakan semua daya yang musik Hip-Hop bisa tawarkan dari beat yang head-bangin’ hingga lirik yang kuat. Hasilnya adalah sebuah contoh dorongan teologis Hip-Hop yang tak diragukan lagi adalah alat yang luar biasa untuk memenuhi mandat dari Tuhan.

            Pada tahun 1999 The Ambassador merilis Christology: In Laymen’s Terms, sebuah album yang secara instant menjadi Holy Hip-Hop klasik dan sekarang ditengarai sebagai standard dari genre tersebut. Setelah 4 album Cross Movement (Human Emergency, Holy Culture, Higher Definition, Gift Rap) dan sebuah tur internasional, The Ambassador sekali lagi menjadi pelopor untuk menambah tenaga bagi penginjilan dan pemuridan, juga menantang umat Tuhan untuk “keluar” dan terlibat dengan kultur Hip-Hop tanpa meninggalkan nilai-nilai kebenaran Firman Tuhan.

            William “Duce” Branch yang dikenal The Ambassador adalah rekan pendiri dan pembicara bagi The Movement, President dari organisasi non-profit Cross Movement Ministries, dan juga berbicara serta berkhotbah dalam skala nasional di gereja-gereja dan event-event di seluruh Negeri (Amerika Serikat, red). Fokus utama menjangkau budaya Hip-Hop bagi Kristus. (Pis/dari berbagai sumber / Praise #8 / 2009)
Sumber: www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus