Viona Paays

Viona Paays

Published On Desember, 18 2012 | By Vido Fransisco Pardede

NYANYIAN LEBIH KUAT DARIPADA KATA-KATA

            Nama Viona Paays pasti sudah tidak asing lagi. Ibu dari empat orang ini memang tipe orang yang sering tampil di belakang layar, misalnya menjadi backing vocal atau menjadi featuring untuk album-album penyanyi pendatang baru. Tapi siapa sangka kalau Viona mempunyai passion yang besar untuk anak-anak kecil. Seperti apa sosok Viona sebenarnya? Seusai peluncuran album sebuah grup band indie di Kelapa Gading, Jakarta Utara, PRAISE berhasil mengajak ngobrol Viona. Berikut laporannya..

Hai Viona, apa kabar? Sedang sibuk apa nih sekarang?
Sedang menggarap album solo, bantu-bantu album orang dan jadi ibu rumah tangga.

Ceritain dong awal karirnya? Pertama kali nyanyi dimana?
Dulu sama band Ezra, tapi namanya sudah diganti VOG (Voice Of Generation). Pertama kali saya nyanyi dari kecil sekitar umur 7 atau 8 tahun, nyanyi di gereja-gereja aja.

Pernah belajar musik dimana? Bisa main alat musik apa?
Saya otodidak aja, nggak pernah belajar musik dan nggak bisa main alat musik.

Sudah ngapain aja di musik selama ini?
Ngeluarin album solo. Dulu sering ngisi suara untuk jingle iklan, jadi backing vocal penyanyi-penyanyi rohani ataupun sekuler dan suka bantu-bantu artis membuat album.

Pernah terlibat dalam pembuatan album siapa saja?
Banyak ya. Pernah bantuin Franky Sihombing, Jonathan Prawira, Jeffry S Tjandra, Glenn Fredly, Ruth Sahanaya, Cintami Atmanegara, banyak sih saya juga banyak yang lupa. Kadang-kadang juga suka bantu musisi-musisi yang tidak saya tahu namanya

Cita-cita kamu waktu kecil mau jadi apa?
Jadi pemain basket hahaha…

Kok bisa ke musik?
Sebetulnya saya punya bakat musik karena latar belakang keluarga saya musik, saya berusaha lari dari situ tapi mau lari kemanapun Tuhan tetap bawa saya ke musik.

Bakat bermusik kamu keturunan dari siapa?
Papa saya. Papa itu pemain alat musik trombon di sekuler. (red: Ayahanda Viona adalah musisi Benny Likumahua)

Masih punya passion/kerinduan yang belum tercapai dalam dunia musik?
Masih. Saya ingin konser tunggal, bikin album lagi. Ingin nyanyi di panti-panti asuhan biarpun nggak dibayar. Ingin memajukan musik pujian dan penyembahan untuk anak-anak kecil, karena mereka kan calon generasi yang akan datang. Mereka terlalu banyak pilihan untuk lagu sekuler tapi untuk lagu rohani nggak. Saya rindu memberi spirit praise and worship untuk anak-anak dan membuat sebuah praise center, karena nyanyian itu lebih kuat daripada kata-kata. Saya sudah membuat album bersama anak-anak tapi belum dirilis.

Definisi musik menurut seorang Viona apa?
Musik itu alat untuk mengekspresikan rasa syukur saya buat Tuhan.

Sebagai musisi, kamu menyukai kitab Mazmur nggak?
Suka. Saya belajar banyak bagaimana intim dengan Tuhan dari kitab itu. Saya belajar dari Daud bahwa Tuhan adalah nyanyian kita.

Kamu mengikuti perkembangan musik rohani nggak? Komentarnya?
Lumayan. Tapi belakangan rada statis ya, mungkin karena terlalu banyak pendatang baru yang nggak punya warna, jadi nggak punya ciri. Makanya kalau bermusik harus punya motivasi, punya misi yang jelas dan harus berani bikin yang beda. Paling penting adalah kerendahan hati karena musisi itu rada antik. Jadi semua balik lagi untuk kemuliaan Tuhan. Karena kadang melayani diri sendiri dan melayani Tuhan itu tipis sekali. Harusnya yang kita kejar adalah perkenanan Bapa.

Sudah merasa sukses?
Belum. Masih banyak yang belum saya raih. Tapi saya tetap bersyukur. Sukses adalah waktu kita berhasil menghadapi persoalan dengan pikiran kita dapat melewati bersama Tuhan. Harus mau melewati proses yang Tuhan ijinkan. Sukses bukan diukur dari nama besar dan materi, tapi waktu kita berhasil tahan uji dalam kehidupan.

Punya kesaksian yang tidak terlupakan?
Tahun 2003 anak saya yang ketiga meninggal saat umur setahun. Dan saya merasakan kekuatan Tuhan. Kami tidak mengeluh tapi bersyukur. Dari kejadian itu kami jadi bisa mengerti dan belajar berempati juga belajar merasakan bagaimana Allah Bapa kehilangan anakNya.(Praise #11 / 2010)
Sumber: www.majalahpraise.com

Biodata

Nama                                      : Viona Paays
Nama suami                             : Jerry Paays
Nama anak-anak                      : Jessica, Jefferson, Pascha, Philomena
Tempat dan tanggal lahir           : Bandung, 25 September 1971
Tokoh idola                              : Oprah Winfrey
Hobi                                        : Membaca dan nonton
Ayat mas                                 : Mazmur 37:6
Nama album                            : 1. Viona Paays ‘Kucinta Dia’ (2001)
                                                2. Simply Worship ‘Kuserahkan’ (2003)
                                                3. Viona Paays ‘Bersama Anak-Anak’ (2009)


COMMENT


.news-comments powered by Disqus