TIPS BERMAIN DRUM

TIPS BERMAIN DRUM

Published On Desember, 13 2012 | By Kezia

Setelah mengetahui cara memegang Stick Drum, maka ada baiknya kita belajar tentang bermain drum secara autodidaks…tapi sebelumnya ada baiknya kita mengenal drum dulu ya…

MENGENAL DRUM
    Drum merupakan serangkaian alat musik perkusi dengan berbagai bentuk dan ukuran serta spesifikasi yang berbeda-beda dan tergabung menjadi satu rangkaian yang disebut Drum Set (Asal-usul Drum dapat dibaca di ARTICLES di Sub Menu ASAL USUL). Alat musik ini mempunyai andil yang sangat besar dalam kancah permusikan. Semua jenis irama musik yang berkembang saat ini, terbentuk dari variasi pukulan drum. Sebelum mempelajari cara dan teknik bermain drum, maka sebaiknya terlebih dahulu kita mengenal drum beserta bagian bagiannya.

DRUM AKUSTIK
Disebut akustik karena sumber bunyi alat musik ini berasal dari bahan-bahan / materi dari alat itu sendiri tanpa menggunakan energi listrik.

DRUM ELEKTRIK
Seiring dengan perkembangan teknologi, pada masa ini telah banyak diciptakan alat-alat musik elektrik antara lain piano elektrik, gitar elektrik, bass elektrik (Asal-usul Bass akan dibahas dalam PRAISE 17) dan lain-lain. Dan ternyata drum-pun tak ketinggalan pula telah diciptakan drum elektrik. Namun pada dasarnya cara memainkan serta teknik-teknik memainkannya adalah sama dengan cara dan teknik yang ada pada drum akustik, atau dengan kata lain berbasic pada teknikteknik memainkan drum akustik. Drum elektrik ini meskipun dimainkan dengan cara dipukul, namun sumber bunyinya dihasilkan dari energi listrik. Fungsi dari bagian-bagian drum elektrik inipun sama dengan bagian-bagian pada drum akustik, hanya bentuk dan ukurannya saja yang berbeda. Perhatikanlah gambar di bawah ini.

 

TIPS BERMAIN DRUM
1. Selalu menggunakan EAR PLUG (penutup telinga) guna melindungi telinga dari kerusakan dan selalu gunakan pada saat latihan dan tampil. Sekarang banyak pemain drum yang telah mengidap penyakit tinnitus (kuping mendengung) dan sampai sekarang obatnya masih belum ada. Sayangilah pendengaran anda.
2. Biasakan menggunakan METRONOME setiap kali berlatih sehingga tempo anda senantiasa stabil.
3. Bermainlah dengan RILEKS, jangan tegang dan jangan membuang-buang tenaga, tidak ada gunanya.
4. Selalu menyiapkan STICK sendiri lebih dari satu pasang jika ingin tampil.
5. Jangan terlalu CEPAT PUAS dengan ilmu yang telah anda dapat. Cobalah menambah ilmu lagi dengan cara belajar dari guru drum yang berbeda atau dari teman anda yang lebih berpengalaman.
6. Jangan terlalu FANATIK pada satu atau dua aliran lagu saja, hal inilah yang dapat menghambat kreatifitas pemain dan membuat permainan anda menjadi monoton dan membosankan. Cobalah berbagai macam aliran musik dan usahakan anda dapat memainkan seluruh aliran musik yang ada.
7. Dalam permainan drum harus melibatkan FEEL atau dengan kata lain harus benar-benar dirasakan, jangan asal pukul dan jangan pernah berpikiran bahwa semakin keras pukulan semakin bagus. Itu salah! Dan juga jangan berpikir bahwa semakin cepat anda bermain semakin hebat. Tidak juga, kekerasan dan kecepatan tidak ada sangkut pautnya dengan musikalitas.
8. Selalu berlatih dari TEMPO yang lambat dan jika sudah sangat terbiasa, tingkatkan temponya perlahan-lahan. Anda harus belajar berjalan dulu baru bisa lari.
9. DENGARKAN pada musisi lainnya, jangan hanya terfokus pada diri sendiri, dengarkan yang lain.
10. Jadilah pemain drum yang KREATIF, beri variasi pada setiap permainan drum yang anda dapat. Karena drum masih merupakan sesuatu yang ‘baru’, masih banyak variasi baru yang bisa anda dapatkan.
11. Latihlah single-stroke setiap hari dengan rata-rata dua jam per hari itu akan membantu anda untuk bisa menjadi seorang profesional drummer yang memiliki teknik bermain drum dengan speed dan power yang baik.
12. Jika Anda ingin memiliki seluruh pelajaran diulang, bahkan beberapa kali di atas, sehingga Anda merasa yakin 100% bahwa Anda telah menguasai keahlian tertentu, kemudian anda juga bisa belajar drum melalui internet yang saat ini sudah banyak disediakan (Dari Berbagai Sumber / PRAISE #16).
Sumber : www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus