PEMISAHAN ORTODOKS & KATOLIK

PEMISAHAN ORTODOKS & KATOLIK

Published On Desember, 12 2012 | By Yusak

Definisi Denominasi telah diberikan dalam topik DENOMINASI, berikut contoh nya dalam kasus di jemaat Korintus. Untuk mengingatkan saja arti dari Denominasi adalah suatu kelompok/golongan gereja yang memiliki nama, struktur dan doktrin. Bisa dipandang sebagai perpecahan gereja, bisa juga dianggap sebagai kekayaan Gereja, karena masing gereja yang ‘berpisah’ itu memiliki peranan masing-masing.

Penyebab munculnya berbagai denominasi gereja yang ada dalam kekristenan antara lain mulai dari masalah doktrin hingga masalah pribadi. Ketidak puasan dan perbedaan pendapat kerap kali menjadi alasan untuk melepaskan diri dari gereja induk dan membentuk Denominasi gereja yang ideal menurut pemahaman yang dianut. Adanya pemisahan denominasi mengakibatkan munculnya kelompok baru yang dianggap murtad, bidat, sekte atau sesat: yang artinya, bukan versi yang sah dari agama Kristen.

Menurut The World Christian Encyclopedia, karangan David B. Barret, denominasi gereja yang mengklaim diri mereka sebagai Kristen pada tahun 2001 berjumlah sekitar 33.000 denominasi dan sekte-sekte. Kemudian pada tahun 2007 jumlah ini menjadi sekitar 39.000 dan kemungkinan untuk bertambahnya demominasi atau sekte pun tidak dapat dipungkiri.

Tulisan ini bukanlah merinci semua daftar denominasi di dunia, tetapi bermaksud untuk memberikan sebuah gambaran umum  tentang banyaknya denominasi-denominasi Kristen, bukan hanya yang ada di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Dan mungkin masih banyak denominasi atau sekte yang belum terangkum di dalamnya. Tetapi dari data yang ada, cukup untuk mendapat gambaran mengenai berbagai perbedaan denominasi. Dan karena rumitnya keragaman tersebut, dalam tulisan ini  secara garis besar Kekristenan akan dibagi menjadi 4 kelompok besar berdasarkan historis dan doktrin mereka : Kelompok Timur (Ortodok Timur), kelompok Barat (Katolik), Protestan (sebenarnya perpecahan dari Katolik, tetapi kini sudah memiliki warna tersendiri), dan kelompok yang dianggap menyimpang dari ajaran Kristen yang Sah. Pada tulisan yang lain, topik Sejarah Musik gereja ini akan menyoroti Liturgi dari berbagai denominasi gereja tersebut, sehingga pembaca yang memiliki denominasi gereja yang berlainan menjadi tahu seperti apa susunan dan warna Ibadah tiap-tiap denominasi gereja tersebut.

PEMBAGIAN DENOMINASI BERDASARKAN PERBEDAAN SEJARAH DAN DOKTRIN

Agama Kristen pernah menjadi agama resmi kekaisaran Romawi pada abad ke 4, ketika kaisar Konstantinus pro dengan agama Kristen tahun 312. Agama Kristen ketika itu terbagi atas bagian Timur yang berbahasa Yunani dan bagian Barat yang berbahasa Latin. Selama seribu tahun pertama,  kekristenan yang tersebar di  lima wilayah yaitu Yerusalem, Alexandria, Anthiokhia, Roma dan Konstantinopel berada dalam persekutuan dan mengaku sebagai Gereja yang Satu, Kudus (Suci), Katolik (Penuh/Universal) dan Apostolik (Rasuli). Namun, ketika Kekaisaran Romawi bagian Barat runtuh oleh penyerbuan bangsa barbar pada abad ke-5, antara Gereja Barat (Roma) dan Gereja Timur (Yerusalem, Aleksandria, Antiokhia dan Konstantinopel) jarang komunikasi. Pada tahun 1053, Paus di Roma mengirimkan utusannya ke Konstantinopel untuk bertemu dengan Patriarkh yang sedang menjabat: Mikhael Kerularios. Tetapi Patriarkh tidak mau menerima mereka, karena dia melihat bahwa tujuan kedatangan mereka mempunyai motivasi politik. Karena lelah menunggu dan karena jengkel merasa tidak dihormati, maka kepala rombongan utusan ini, yaitu Kardinal Humbert, pada tanggal 16 Juli 1054, menempatkan dokumen ‘pengkutukan’ (‘anathema’) dan pengkucilan terhadap Patriarkh Mikhael Kerularios dan semua yang bersimpati kepadanya. Kutukan ini dilandasi karena Gereja Timur (empat wilayah) sudah memisahkan diri dari Gereja Yang Satu yaitu Gereja Katolik Roma. Tapi menurut pandangan Gereja Timur, justru Roma lah yang jatuh dalam kesesatan (dengan memaksakan kekuasaan paus dan mengubah Pengakuan Iman Nicea) dan memisahkan diri dari Gereja Yang Satu. Perpecahan ini disebut skisma. Sampai sekarang Gereja Ortodoks tetap menganggap dirinya sebagai Gereja Yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik. Gereja Katolik Roma juga mengklaim hal yang sama.

GEREJA ORTODOKS (dan ORTODOKS TIMUR) – Kelompok (dunia) Timur

Persekutuan Ortodoks yang pertama dan yang terbesar adalah yang disebut Gereja Ortodoks Timur, yakni gereja-gereja Ortodoks yang menerima hasil ke-7 Konsili Ekumenis seperti gereja Katolik Roma. Berdasarkan jumlah penganut, Ortodoksi Timur adalah komuni Kristiani terbesar kedua di dunia sesudah Gereja Katolik Roma. Estimasi paling umum mengenai jumlah umat Kristiani Ortodoks Timur di seluruh dunia berkisar antara 150-350 juta jiwa. Ortodoksi Timur adalah agama tunggal terbesar di Belarusia (89%), Bulgaria (86%), Republik  Siprus (88%), Georgia (89%), Yunani (98%), Republik Makedonia (70%), Moldova (98%), Montenegro (84%), Romania (89%), Rusia (88%), Serbia (88%), dan Ukraina (83%). Ortodoksi Timur juga merupakan agama dominan di Republika Srpska (92%) entitas di Bosnia dan Herzegovina, serta agama dominan di Kazakhstan Utara (48% dari populasi Kazakhastan). Selain itu, ada pula sejumlah besar komunitas Ortodoks di Afrika, Asia, Australia. Amerika Utara, Amerika Selatan dan sekarang  juga di Indonesia.

Gereja Ortodoks Oriental. Meskipun sama-sama menggunakan kata ‘Ortodoks’ pada Gerejanya, tetapi memiliki perbedaan dengan Gereja Otodoks Timur. Ortodoks Oriental hanya menerima hasil dari 3 Konsili Ekumenis yang pertama, yaitu Konsili Nicea I, Konsili Konstantinopel dan Konsili Efesus dan menolak keputusan Konsili Chalsedon. Yang termasuk Komuni Ortodoks Oriental  adalah Gereja Apostolik Armenia, Gereja Ortodoks Koptik, Gereja Ortodoks Ethiopia, Gereja Ortodoks Eritrea, Gereja Ortodoks India ["Suriah Malankara"], Gereja Ortodoks Suriah ["Suriah Yakobit"], Gereja Katolik Antiokia di Amerika secara teologis terkait dengan Gereja-gereja ini, tetapi mereka tidak berkomuni penuh dengan gereja-gereja tersebut, terutama karena mereka menahbiskan perempuan dan tidak menuntut praktik selibat (tidak nikah) untuk para uskupnya.

GEREJA (ROMA) KATOLIK – Kelompok (dunia) Barat

Berdasarkan tata cara beribadahnya, Gereja Katolik Roma dapat digolongkan menjadi dua ritus: ritus Barat (atau Latin) dan ritus Timur (22 gereja Katolik Timur, yang disebut gereja-gereja particular), yang membentuk 2.795 keuskupan pada tahun 2008. Gereja Katolik di Indonesia mengikuti ritus Barat. Nama Gereja Katolik digunakan untuk membedakannya dengan Gereja-Gereja lain yang tidak berada dalam persekutuan penuh (komuni penuh) dengan Uskup Roma, yakni Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental, Anglikan, dan berbagai denominasi Protestan. Gereja Katolik Roma adalah gereja Kristen terbesar di dunia, dan mengklaim memiliki semilyar anggota, yakni kira-kira setengah dari seluruh umat Kristiani dan seperenam dari populasi dunia.

Daftar gereja-gereja yang dianggap sebagai bagian dari Gereja Katolik : Gereja Katolik Armenia, Gereja Katolik Belarus, Gereja Katolik Bulgaria, Gereja Katolik Bizantium, Gereja Katolik Khaldea, Gereja Katolik Koptik, Gereja Katolik Yunani Kroasia, Gereja Katolik Ethiopia, Gereja Katolik Georgia, Gereja Katolik Yunani, Gereja Katolik Yunani Hongaria, Gereja Katolik Italia-Albania, Gereja Latin (Febronianisme, Gallikanisme) (di masa lampau, orang-orang Katolik di Perancis dan Jerman mengklaim independensi gerejawi yang cukup besar dari Roma), Gereja Katolik Maronit, Gereja Katolik Melkit, Gereja Katolik Rumania, Gereja Katolik Rusia, Gereja Katolik Ruthenia, Gereja Katolik Yunani Slowakia, Gereja Katolik Suriah, Gereja Katolik Siro-Malabar, Gereja Katolik Siro-Malankara, Gereja Katolik Yunani Ukrainia.

Ada Gereja-gereja yang mengkalim dirinya Katolik tetapi telah memutuskan hubungan dengan Roma, seperti Gereja Katolik Amerika di Amerika Serikat, Komuni Apostolik Kuno, Gereja Katolik yang Kudus dan Apostolik (Katolik Arian), Gereja Katolik Apostolik Brasil, Gereja Katolik Apostolik Nasional (AS)Gereja Katolik Apostolik, Gereja Katolik Apostolik di Amerika Utara, Gereja Katolik Keltik, Gereja Episkopal Karismatik, Perhimpunan Katolik Patriotik Tiongkok, Gereja Katolik Bebas, Gereja Katolik Liberal, Gereja Mariavit, Gereja Katolik Lama, Gereja Katolik Palmarian, Gereja Episkopal Latin Brasil, Gereja Independen Filipina, Gereja Katolik Nasional Polandia, Gereja Katolik Sejati. (PRAISE #17/Yis/Dari berbagai sumber/ (http://profilgereja.wordpress.com/denominasi-gereja/ (http://id.wikipedia.org/wiki/Denominasi_Kristen ).

 

Sumber : www.majalahpraise.com

 

Bersambung : Gereja Anglikan


COMMENT


.news-comments powered by Disqus