Nikita

Nikita

Published On Desember, 10 2012 | By Vido Fransisco Pardede

 DITAWARI MAIN SINETRON

       Praise Sudah janjian dengan Bu Lily, orangtua sekaligus manager Nikita untuk ketemuan tanggal 1 september 2008 di mall Artha Gading (MAG), karena pukul 16.00 kebetulan Niki-demikian panggilanya-mau main bowling. Ketika ketemu, tim Praise membuka pembiacaraan dengan Nikita tentang profil dan awal mulanya majalah PRAISE terbit. Wah…, sambutannya ramah sekali. Di bawah ini merupakan hasil wawancara PRAISE dengan NIKITA.

        Usianya kini 20 tahun, walau dia bukan penyanyi cilik lagi, tetapi keberadaannya sebagai penyanyi tetap diakui dan disenangi banyak orang. Mungkin suaranya yang melengking tinggi dan penampilannya yang sangat anggun. Hampir tidak terdengar gosip miring tentang Nikita. Hal tersebut bukan hanya karena orangtuanya yang selalu mendampingi kemanapun Niki pergi, tetapi memang Niq-begitu dia menyebut dirinya-mempunyai hubungan spesial dengan Tuhannya. “Tuhan Yesus itu segalanya…my sun shine, my love, my best friend, my strength, d reason that  I live…pokoknya segalanya d!! hehe”, jawab gadis yang jago inggris kepada PRAISE dengan pasti. Bahkan tidak ada tokoh alkitab yang diidolakan selain Tuhan Yesus.

        Gadis jelita kelahiran Jakarta, 22 Mei 1988 itu memang berbakat menyanyi sejak usia dini. Bahkan ketika suaranya masih cadel, ia sudah ikut-ikutan menyanyi lagu-lagu koes plus & Farid Harja kesenangan Boby Sihernya. Otniel Budianto dan Lily Tandjaja, orangtua Niki mencium talenta anak pertamanya itu, baru ketika berusia 4 tahun dimasukkan putrinya ke sekolah sanggar nyanyi, namanya Bina Seni Suara Indonesia. Sekarang sanggar tersebut sudah tidak ada lagi. “Rio Febrian (Pop), Senno (Pop), Jagat Aryani (dangdut), Alfandy dan Leony (Trio kwek-kwek), Nere Tangga (Pop), Helena Idol…masih banyak lagi, dulu juga sama-sama di sanggar itu”, kenangnya.

Lomba , kejadian dan peristiwa yang memalukan

        Yang paling berkesan adalah waktu ikut lomba nyanyi pertama kali di plaza Indonesia. Sebenarnya lomba tersebut diperuntukkan anak yang berusia 7 tahun-12 tahun. Sedangkan Niki baru 4 tahun. Jadi dia peserta termuda, terkecil dan paling imut. Walaupun pesertanya ada ratusan, diantaranya Trio kwek-kwek (Alfandy, Dhea, Leony), Mellisa, Nova (Lenong Bocah), Oky Lukman (MC), Niki masuk semi final 12 besar, meski Niki tidak menjadi juara 1, dia terpilih jadi peserta favorit lho..!!

Praise        : Masih ingat tidak, pada waktu ikut lomba nyanyi di mall ( 4 tahun) judul   lagu yang dinyanyikan lagu apa? Berapa pesertanya? Masih ingat tempatnya?

Niki            : Wuaah masih inget banget he8x. Judulnya “Nyamuk-nyamuk Nakal” lagunya Enno Lerian. Niq bisa inget bgt karena itu adalah pengalaman pertama naik panggung, rasanya pengen buru-buru turun! Jadinya ya waktu udah selesai nyanyi diiringin fullband, buru-buru Niq letakin micnya, trus langsung turun panggung. Pas lagi jalan ke tempat duduk, ada bunyi ‘Dug!’ yang diikutin dengan feedback. Begitu nengok, tenyata tu mic lagi ngegantung di stand. Orang lagi ngeliatin sambil ketawa-ketawa. Duuh malunya…. Dan karena benar-benar malu ya Niq tinggal aja tuh mic yang jatuh, Niq lari turun panggung ha8x. semua yang hadir ya ketawa termasuk jurinya (waktu itu jurinya Adi Bing Slamet, Bens leo dan satu lagi Niq lupa siapa). Eh tapi ternyata Niq masuk semi final loh. Lalu masuk lagi ke final tapi ya nggak menang waktu di finalnya karena pas musiknya uda kelar Niq masih nyanyi teruz.hahahaha…hikz hikz…

Album terjual 400.000 keping

       Sejak peristiwa itu rupanya Tuhan membuka jalan bagi gadis yang menyukai band Hillsongs ini. Waktu ditanya kapan album pertamanya? Dengan terbuka ia menceritakan “Album pertama kelas 2 SD, umur 7 tahun, di awali waktu nyanyi di gereja Niki di GKI Kayu Putih Pulo Mas (Red : Jakarta Timur?), pas ada performance tante Herlin Pirena dan nggak tahu mungkin dia tertarik dengan Niki, dia ajak Niki jadi backing vocal album natalnya dan waktu di studi produsernya menawarkan untuk buat album  baru, jadilah album “Di Doa Ibuku”. Suara yang melengking tinggi dan bening diimbangi dengan gayanya serta penjiwaan, membuat album pertama laris di pasaran. Bahkan berhasil menembus 400.000 copy, suatu angka yang fantastic bagi dunia rekaman rohani.

Setelah itu hampir tiap tahun gadis yang suka pakai T-shirt dan jeans ini membuat album rohani, mulai dari ‘Di Doa Ibuku Namaku Disebut’(1996), Natal  “Seribu Lilin” (1997), ‘Ada Ampun Bapa BagiMu’(1998), ‘Kasih Dari Surga’ (1999), ‘Bapa Engkau Sungguh Baik’ (2001), ‘Kau Berikan Kesempatan’ (2003), ‘Kub’rikan Syukurku’ (2004), ‘With You’ (2006), ‘Pelangi Sehabis Hujan’ (2007), semua ada 9 album. Tahun 2008 ini sedang di garap album ke-10.

Semua album buat Niq sangat berkesan karna semua album adalah anugerah Tuhan buat Niq karna masih dikasih kesempatan untuk bisa terus berkarya lewat album rohani ini. Tiap album punya kesaksian masing-masing. Khususnya di album Ada Ampun Bapa Bagimu waktu kerusuhan Mei 1998. Ceritanya ada orang yang ikutan menjarah di daerah Jakarta Barat, terus kebetulan yang dia jarah itu toko elektronik. Salah 1 yang dia ambil yaitu tape, dan pas di dalamnya ada kaset Ada Ampun Bapa Bagimu. Beberapa hari kemudian rupanya dia putar tuh kaset yang ada dalam tape dan ternyata setelah dia dengar dia bilang dia sangat tersentuh dengan lagu Ada Ampun Bapa Bagimu, dia dengar terus itu lagu, tahu-tahu dia nangis dan dia merasakan sentuhan kasih yang belum pernah dia rasakan sebelumnya,.. dan nggak tahu dorongan darimana dan dia pun cuma merasakan kalau dia harus mengembalikan barang-barang yang dia jarah tanpa berpikir akibat yang akan dia hadapi setelah itu. Lalu akhirnya dia memberanikan diri untuk mendatangi toko yang sudah dia jarah. Trus dia kembalikan lagi deh tu tape ke yang punya toko; dia pikir yang punya toko tu bakal marah dan menghajarnya.. ternyata nggak, yang punya toko malah sangat berterimakasih dan singkat cerita mengangkat dia sebagai anak bahkan pula menyekolahkannya ke perguruan tinggi. Luar biasa bukan, sebuah lagu bisa menjamah dan memberikan pengaruh pertobatan pada orang yang mendengarkan.

Senang Buku Cerita Dongeng

        Selain itu, gadis yang meraih 104 buah piala dari festival menyanyi, mengaku memiliki hobby membaca. Koleksi bukunya sekarang sudah 4000 lebih.”Niq memang suka bgt bgt bgt ... baca buku. Rasanya kalau sekejap tanpa baca kok ada yang kurang kayaknya he8x...”, ceritanya dengan semangat. Niq suka semua jenis buku, dulu waktu kecil bacanya buku dengan tulisan besar-besar lalu meningkat ke komik, trus mulai gedean baca novel. Niq suka buku-buku dongeng, buku-buku mafia gitu (hahaha), thriller, seri-seri Chicken Soup, buku-buku fiksi fantasi.Pengarang favorite Niq tu Paulo Coelho, Mario Puzo, Agatha Christie, John Grisham, James Patterson, J.K. Rowling,  Dan Brown,  Hans Christian Andersen, Enid Blyton, Roald Dahl, Astrid Lindgren, Eva Ibbotson, Grimm Brothers; suka juga Charles Dickens. Kalau Favorite booksnya The Alchemist sama The Fifth Mountain by Paulo Coelho, The Christmas Carol by Charles Dickens, seri Maximum Ride by James Patterson, Lord of the Rings trilogy, Matilda sama Willy Wonka&the Chocolate Factory by Roald Dahl, seri Twilight, seri Chicken Soup for the Soul, Harry Potter, buku-buku Agatha Christie yang Hercule Poirot, overall c Niq suka banget buku-buku fiksi fantasi gitu.. Alasannya ya buku-buku di atas  bisa bikin kita mikir, merenung, trus buku-buku fantasi tu bikin kita berimajinasi.. Jadi fun gitu bacanya. Hoho. O iya! 1 dongeng favorite Niq judulnya Rapunzel, itu yang menginspirasi untuk punya rambut panjang.. hahaha.. Dan masih banyak lagi buku yang Niq suka sampai bingung saja nulisnya.

Segudang Prestasi

       Tak heran, Natashia Nikita demikian nama lengkapnya-mempunyai banyak prestasi. Mulai dari menyanyi sampai sekolahnya. Tahun 1998 mendapat predikat penyanyi terbaik AMI Award 1998; tahun 2005 dalam Indonesian Gospel Music Award mendapat penghargaan sebagai “Best Female of The Year”. Di bidang study, selain masuk 3 besar (SD), SMP dan SMA selalu masuk 10 besar, nilai IP (indeks prestasi)nya dalam kuliah 3,67. Wah...memang Niki anak teladan ya...

Ditawari Main sinetron

        Rohani, pinter, dan cantik. Itu yang dimiliki Niki. Bagaimana tidak bersyukur, gadis yang bertinggi badan 165 cm dan berat 50 kg ini, pernah main sinetron waktu masih kecil.

        Waktu lalu sinetron yang pernah Niq perankan 2x masih unsur rohani kristen (Bias Kasih di Anteve tahun 1998 dan Kasih di SCTV tahun 2001), memang sih sangat menyita waktu. Dulu masih kecil jadi masih bisa atur waktu sekolah dan kegiatan di luar sekolah. Artinya Niq juga masih termasuk ranking 3 besar (kadang ranking 1,2,3) jadi nggak ada masalah untuk ngikutin pelajaran kalau harus bolos sekolah. Tapi kalau sekarang? Wah deh, kalau nggak pinter-pinter ngatur waktu yang ada bisa keteter deh tuh kuliah walau sekarang ini Niq juga masih bisa mencapai IP 3,67. Pernah ditawarkan sinetron kejar tayang tapi jelas itu nggak mungkin karena kuliah buat Niq sekarang ini paling penting dan sinetron yang ditawarin yang umum cuma ada unsur-unsur rohaninya dan soundtrack yang bakal dipakai juga diambil dari album Niq juga.. Eh tapi baru-baru ini ditawarin juga main sinetron dangdut loh. Wah Huahahahahahaha.. (kebayang gak sih?) tapi karna Niq merasa kurang cocok ya Niq nggak mau.

       Ketika ditanya kalau ada yang menawarkan main sinetron, mau nggak ? Sebenarnya Niq suka akting kok, hehe, buktinya dulu waktu masih kecil juga pernah main. Jadi kalau ditawarkan main lagi dan memang waktu kuliahnya nggak terlalu padat lagi yaa lihat critanya saja.. tapi kalau milah sih pengennya film-film yang ada nuansa rohaninya juga walau nggak terlalu kentara banget seperti cerita A Walk To Remember terus maunya tar soundtrack nya lagu Niq juga. Gitu deh heheheheh

Pelayanan yang Berkesan

      Ketika ditanya mengenai pelayanan, gadis yang memiliki ayat emas yakobus 1:17, mengatakan sudah hampir ke seluruh Indonesia. “Papua sudah sering. Juga sudah ke Singapore, Malaysia, yang belum tuch…Aceh”, jelas cici dari Mikhail Nikola. “Paling berkesan waktu nyanyi di Biak, Papua, nyanyi di lapangan terbuka dihadiri cukup banyak orang. Tiba-tiba hujan, tetapi mereka tetap tidak beranjak dari tempatnya”, kisah penyanyi yang tak terlalu lancar main musik dan baca not.

Masih Single

      Sebagai artis yang bisa segalanya, tentu banyak penggemarnya. Pernah dapat surat/e-mail dari penggemar? Kebanyakan isinya tentang apa? Ada yang lucu-lucu dan aneh-aneh nggak?  

“Banyak! Banyak yang aneh2.. banyak yangg lucu-lucu.. banyak yang agak-agak bikin merindink.. hahahaha.. Mungkin yang paling aneh tu dilamar (bisa bayangin kan? Kenal juga belum loh tau-tau sudah mau ngelamar Niq, duh hehehe belum tahu sih kalau Niq nih bawel loh hahahaha), ada juga yang datang ke rumah nggak mau pulang-pulang dan mau bunuh diri sgala.. O iya, ada juga yang bilang kalau dia dikasih mimpi bahwa Niq tuh tulang rusuknya dll.. Tapi smua surat-surat dan email-email itu tu inspiratif sih banyakan, dan jadi semangat buat Niq.. Karena tanpa mereka yang dengerin album Niq, Niq nggak akan bisa jadi seperti sekarang yang paling tidak, Niq bisa memberkati mereka lawat lagu-lagu Niq. Niq sangat bersyukur sekali dengan apa yang ada sekarang ini. Really love them. Cuma kadang-kadang begini nih, mereka suka kirim email dan surat dan yang bahkan seringnya Niq nggak punya waktu  banyak untuk balas karena email dan surat yang masuk banyak, jadi ya mohon maklum dan maaf yang sebesar-besarnya. Dalam hal ini bukan nggak mau balas tapi kadang Niq nggak ada waktu untuk balas 1-1.. hehe.. Tapi kalau yang urgent pasti sebisa mungkin Niq balas ASAP.. hehe.. Kadang-kadang tu kasusnya di awal sudah dijawab tapi next ditanya lagi dengan pertanyaan yang sama dan orang yang sama pula. Tapi Niq menikmati juga kog hahahahahaha asyik aja.

     Mengenai rambutnya yang panjang, ‘terinspirasi Rapunzel n Other Disney Princesses yang rata-rata rambutnya panjang…hehe…” Candanya. Niki pernah diwawancarai di salah satu majalah popular tahun 2005, di antaranya belum pernah jatuh cinta, apa benar? Niki belum pernah jatuh cinta sampai sekarang?

     Dulu waktu dibahas tentang hal itu mungkin iya kali ya hehehehehe kalau sekarang? Hmmmm.. Hahahaha.. Tapi sebenarnya apa sih exact definition dari jatuh cinta? Hahaha.. yang jelas Niq sih tinggal nunggu saja dikasih dari yang trkasih JC (Jesus Chris) deh. Kalau sibuk mah tentang hal yang satu ini bisa lah ada toleransinya kalau memang sudah ada.. hehehehe

Praise       :Kira-kira cowok yang bagaimana yang masuk kriteria Niki?

Nikita        :Yg bisa manjat dinding menara kayak pangerannya Rapunzel. Hahaha..kidding. Standard laaa.. Seperti umumnya cewek lain.. hehe.. Yang pasti sih Kristiani juga, yang baik tentunya, sayang ma niq dan my fam (keluarga-red)  dan teman-teman Niq, hard worker, humoris, berwawasan luas, dan muzti kalah bawel sama Niq. Huaahahahahahahahahaha (eh niq nih keliatannya pendiam loh tp trnyata? BAWEL bgt loh !) (yis / Praise #2 / 2008)


COMMENT


.news-comments powered by Disqus