Michael W. Smith

Michael W. Smith

Published On Desember, 12 2012 | By Vido Fransisco Pardede

Ketika mengubah warna musiknya menjadi Rock, Muncul kontroversi...

            Michael W. Smith adalah salah seorang pemusik Kristen terkenal dan sukses di dunia musik rohani maupun sekuler. Lahir di kota Kenova, Virginia Barat, anak laki-laki dari seorang pekerja di kilang minyak. Michael menghabiskan masa kecil dan remajanya dengan bermain musik di gereja. Setelah SMA, group musiknya bubar dan Smith mulai terjerumus pada pengaruh minuman keras, narkoba, sehingga pendidikannya terbengkelai, tapi pada masa itu pula dia mulai mengasah bakatnya dalam menulis lagu. Tahun 1978 perusahaan rekaman tertarik dengan lagu ciptaan Smith, lalu dia pindah ke Nashville, dan bergabung dengan band lokal setempat. Smith masih mengkonsumsi narkoba dan berlanjut sampai oktober 1979, sampai suatu saat dia mengalami puncak depresi sehingga dia datang pada Tuhan Yesus dan berubah. Smith mulai bergabung dengan grup musik rohani Higher Ground sebagai seorang pemain keyboard. Selama melakukan tour keliling bersama mereka, Smith benar-benar sudah dipulihkan.

            Tahun 1981 dia bekerja sebagai penulis lagu di Meadowgreen, dan beberapa tahun kemudian menulis lagu-lagu hits untuk artis-artis seperti Sandi Patti, Kathy Troccoli, Bill Gaither dan Amy Grant. Dia mulai perjalanannya bermain musik dan bernyanyi bersama Amy Grant pada tahun1982  dan tahun berikutnya dia memulai debutnya dengan merilis album pertama “The Michael W Smith Project”, dan langsung menjadi nominasi Grammy Award sebagai penyanyi gereja terbaik. Setelah merilis album kedua, Smith mengubah warna musiknya menjadi Rock dengan harapan dia dapat menjangkau kawula muda, akibatnya muncul kontroversi  karna warna musiknya yang lebih sekuler tersebut, tapi Smith melihat dari sisi yang berbeda, dia hanya menyampaikan pesannya kepada khalayak yang lebih luas. Selama berkarir Smith pernah meraih dua penghargaan Dove dan

Grammy Award, lagunya masuk dalam peringkat atas Billboard dan Keyboard magazine menjulukinya sebagai seorang pemain keyboard terhebat dalam musik Rock.

            Memasuki millennium baru, album Smith  telah terjual sebanyak 17 juta copy  dan mempunyai 25 lagu hits. Smith membuat album instrumental dan aransement musiknya  menjadi ilustrasi musik pada film Orchestra Limited di Ireland. Tahun 2001 dan 2002 Smith merilis album “Worship and Worship Again”. Tahun 2004 Smith merilis album “Healing Rain” di studio yang baru dengan  peralatan  musik yang baru dan perspektif yang baru dan memberkati. (dari berbagai sumber-diterj. oleh Tim PRAISE / Praise #2 / 2008)
Sumber: www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus