MEMILIH STICK YANG BAIK

MEMILIH STICK YANG BAIK

Published On Desember, 13 2012 | By Kezia

    Selain drum kits, hal terpenting dan vital dalam bermain drum adalah sepasang stick drum. Nah, bagaimana memilih stick drum yang baik ? Yang baik di sini  berarti tepat dab berkwalitas. Untuk itu harus dijawab beberapa pertanyaan ini, guna ketepatan dalam memilih jenis stick :
1. Apa jenis band yang Anda mainkan ? Rock, pop, jazz?
2. Apakah Anda akan bermain dengan keras atau lembut atau sedang volume?

MACAM-MACAM UKURAN STICK
    Adalah penting mengetahui bahwa tiap-tiap stick drum mempunyai jenis dan ukuran yang berbeda. Berat dari stick-stick drum juga berbeda. Stick drum mempunyai ukuran 2A, 2B, 5A, 5B, 7A, 7B, 11A, hingga brush stick. (TULISan merah buang : ada contoh ukuran).
    Bentuknya pun ada yang berdiameter besar, kecil, panjang, sedang, dan pendek. Ada pula yang kepalanya bulat, oval  dan hampir segitiga. Ada pula stick dengan bentuk ujung dan pangkalnya sama (tanpa kepala). Tiap-tiap ukuran biasanya mencerminkan besarnya stick drum. Semakin besar ukuran stick drum, maka semakin besar pula lah bentuk dari stick drum tersebut. Bagi para pemain musik jazz biasanya mereka memakai stick berukuran 5A atau 5B. Atau seorang drummer Rock untuk mendapatkan pukulan yang powerfull biasanya mereka memilih stik yang berukuran 7A atau 7B. Selain ukuran hal terpenting yang wajib diperhatikan oleh para drummer adalah bahan dasar dari stick tersebut. Dan yang perlu kita perhatikan dari stick drum adalah bentuk ujung dari stick drum tersebut, karena ujung stick drum dapat menentukan bunyi yang dihasilkan.

MALLET (ada contoh)
Pemukul ini memiliki kepala yang bulat besar seperti pemukul vibraphone. Ada beberapa ukuran besar-kecilnya bulatan/kepala. Dan kepala/bulatan pada mallet ada yang keras, dan ada pula yang lunak.

BRUSH (ada contoh)
Bentuknya seperti sapu lidi. Ada yang terbuat dari baja (wire-brush), ada pula yang terbuat dari plastik atau nylon. Ada yang lembut dan ada pula yang besar. Ada pula yang ujungnya berkepala. Untuk memainkannnya ada cara atau tehknik tersendiri. Wire brush cocok buat memainkan musik jazz, swing, ballad, dan cool jazz.

BUNDLE STICK (ada contoh)
Terdiri dari beberapa batang kayu kecil-kecil yang  disatukan dan diikat. Ada yang kayunya beukuran kecil dan berjumlah banyak, dan ada pula yang berukuran besar dan berjumlah seikit. Jenis pemukul ini cocok dengan jenis musim latin, country, atau musik unplugged.

 

TIPS MEMILIH STICK YANG BAIK
Bagaimana cara memilih stick drum yang berkwalitas dan murah ?
Beberapa merk yang dapat diandalkan dan yang beredar di Indonesia adalah: Vic Firth, Pro Mark, Johny Rabb, Zildjian, Tama, Vater, Ahead & Regal tip. Bahkan ada beberapa stick drum yang dipalsukan antara lain : merk dari Zildjian, Pro Mark (hot rods) dan Vater. Tapi jika Anda teliti, Anda dapat langsung membedakan yang asli dan palsu. Kelemahan stick palsu yang ada di toko musik, antara lain adalah: Kedua stick tidak seimbang, kayu terasa kopong, sangat mudah patah, logo pada stick tidak rapih dan banyak yang tidak lurus alias bengkok.

Nah, kini bagaimana caranya memilih stick yang baik? Untuk Stick Vater yang asli harganya berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 85.000. Untuk Zildjian sekitar Rp 65.000 dan untuk Pro Mark (Hot rods) harganya sekitar Rp 140.000. Jika stick yang Anda ingin beli tidak termasuk dalam nama-nama yang telah disebutkan, maka Anda harus sangat teliti dalam memilih. Ikuti langkah2 berikut:
1. Pertama tama kita harus bisa menyesuaikan dengan isi kantong kita.
2. Jika stick terbungkus dengan plastic,  buka dan periksalah ! Rasakan beratnya, terlalu ringan jelek, terlalu berat juga jelek, pilihlah sesuai selera tangan anda. taruh stick di dataran yang rata seperti meja, kaca, marmer dan gelindingkan stick itu,  perhatikan ujung stick (tip). Jika stick bergoyang, sudah pasti stick tidaklah lurus, hal ini berpengaruh pada kualitas stick.
3. Rasakan atau timbang berat masing-masing stick. Jika berat sebelah, itu sudah tentu kualitasnya kurang memuaskan.
4. Coba mainkan stick itu di permukaan yang tidak keras seperti karpet. Apakah sudah sesuai dengan selera Anda?
5. (Kalau Anda mau stick yang sempurna), Jangan lupa adalah mengetes pitch dari stick drum itu sendiri. Pukul masing-masing stick pada permukaan ride cymbal, gunakan ujungnya. Jika kedua stick itu tidak menghasilkan pitch yang sama, jangan dibeli! Atau mungkin sebagai saran, simpan saja dulu dan coba yang lain.
6. Soal bahan stick, biasanya stick yang bagus dari bahan kayu American hickory., Jenis ini, patahnya nggak langsung patah, tapi terkikis sampai stick mengecil. Jadi menggunakan bahan ini sangat awet . Namun demikian harganya cukup lumayan sekitar 70 rb sampai 100 rb lebih. Yang harga 50 rb ke bawah biasanya berbahan maple,  tapi tidak sebagus hickory. Bahan ini cukup kuat, tetapi jika bahan sudah tidak kuat, maka bahan ini akan langsung patah tidak seperti bahan american hickory. Stick yang berbahan maple ada juga yang berkisar 20rb sampai 15 rb. Catatan : bahan hickory seratnya lebih terlihat kasar dibanding maple. (ada contoh 2)
7. Sebagai tambahan : tentang karakter masing2 merk stick. Setiap merk stick tentunya memiliki karakter yang berbeda :
- Zildjian : Stick Zidjian memang terkenal sangat kuat. Tapi ukuran dari stick Zildjian sendiri agak berbeda dari yang lainnya karena stick2 Zidljian cenderung lebih besar. Ukuran Rock sendiri sangat besar dan mempunyai tip yang besar pula.
- Regal tip : stick ini tidak tahan dingin dan menjadi mudah patah. Bagi beberapa orang mungkin akan merasa bahwa stick ini terlalu licin tapi ada juga yang mengatakan bahwa stick ini yang paling nyaman. Kelemahan dari stick ini adalah jika menggunakan nylon tip, biasanya neck pada ujung stick kecil sekali sehingga mudah patah.
- Vic Firth : Benar2 ‘The perfect pair’, semua sticknya benar2 seimbang dan mempunyai pitch yang sama. Dan yang pasti lurus semua. Tapi ada satu kelemahan, jika anda kurang beruntung anda akan mengalami ‘pematahan dini’. Jadi, masih ada kemungkinan stick yang baru Anda beli 1 hari yang lalu tiba2 patah.
- Ahead : Stick drum super mahal.Tetapi, rebound-nya (pantulan) sangat mati dan suara drum akan terdengar tidak tajam. Yang pasti, sepasang stick ini dapat bertahan sampai 6 bulan
- Pro Mark : Satu-satunya stick yang logonya tercantum ditengah stick. Stick ini sangat kuat tetapi balancenya cukup aneh karena stick ini berat didepan.
- Tama : Extra kuat dan merupakan yang paling nyaman di pegang. Sayangnya, sekarang sudah sangat jarang.
- Johny Rabb : Terkenal dengan inovasinya seperti Rhythm Saw. Tapi Rhythm Saw itu sendiri dapat berbahaya untuk drum karena dapat merusak bearing edge sehingga suara drum Anda bisa menjadi kacau dan tidak dapat dituning.
- Vater : Banyak sekali pilihannya, tetapi keseimbangannya tidak menentu alias setiap stick tidak mempunyai karakter yang sama walaupun bentuknya sama. (JENIS STICK)
Nah, coba timbang-timbang deh, mana yang cocok buat Anda ! (dari berbagai sumber/Yis/PRAISE #14). Sumber : www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus