Matthew Joseph West

Matthew Joseph West

Published On Desember, 17 2012 | By Vido Fransisco Pardede

Sarjana musik Yang suka baseball

      Matthew Joseph West lahir di Downers Grove, Illonois. Pada masa kecilnya dia merupakan penggemar berat klub baseball Chicago Cubs. Dengan semangatnya itu, dia sempat menjadi kapten team baseball di SMU. Pria yang lahir pada 25 April 1977 ini, sangat berkeinginan untuk mendapat beasiswa melalui prestasi olahraganya, tetapi Tuhan berkehendak lain, beasiswa yang didapatnya adalah di bidang musik selama 4 tahun di Millikin University. Saat libur kuliah dia menyempatkan pulang dan menulis beberapa lagu ciptaannya sendiri, dan dinyanyikannya pada kebaktian di gereja ayahnya.

     Awal karir bermusiknya dimulai tahun 1997. Dia membuat serta  menciptakan beberapa lagu dan menyajikannya dalam bentuk album yang berthemakan September Sun, yang tersebar secara independent (belum di bawah label, tapi masih indie). Tahun berikutnya, 1998, meluncurkan album Every Step of The Way. Sebelum menyelesaikan kuliahnya dia diundang untuk menghadiri GMA Music on the Rockies, awalnya dia segan untuk menghadirinya, walau akhirnya dia tetap datang pada acara tersebut karena menjadi salah satu performer dalam acara yang bergengsi tersebut. Yang mengejutkannya ternyata pihak panitia membayarnya untuk penampilannya tersebut. Setelah itu datang  penawaran kepadanya untuk menulis lagu. Hal itu terjadi lima minggu sebelum dia menyelesaikan kuliahnya di tahun 1999. Selain itu, dia juga berhasil mengikat kerjasama dengan Word Publishing, penerbit buku rohani dan juga Alkitab. Pada tahun yang sama dia mengikuti kompetisi menulis lagu dan berhasil mencapai final.

      West yang mengusung musik kontemporer sempat juga menjadi penampil pembuka untuk artis yang sudah cukup dikenal seperti Billy Ray Cyrus dan Rachel Lampa. Sepanjang tahun 2000-2001 dia memulai tour keliling Amerika, tetap dengan status penyanyi independen. Setelah cukup lama vakum berkarya, Matthew baru merilis album lagi tahun 2002 berjudul ‘Sellout’.

     Pada tahun tanggal 26 Juli 2002 seminggu sebelum dia menandatangani kontrak dengan Universal South Records, dia mendapat cedera yang cukup fatal pada lengan kirinya yang bisa menamatkan karir musiknya karena berpengaruh buruk untuk permainan gitarnya. Hal tersebut terjadi ketika ia terkunci di rumahnya dan berusaha keluar dengan cara memecahkan jendela kaca rumahnya. Hal ini  cukup membuat dirinya frustasi. Sebab kejadian itu sempat membuatnya nyaris kehilangan fungsi utama tangan kirinya. Setelah dirawat di rumah sakit, akhirnya lukanya bisa sembuh dan puji Tuhannya West masih bisa bermain gitar bahkan rekaman untuk album perdana nya di bawah label.

     Hal tersebut terealisasi setelah menandatangani kontrak dengan Universal South Records pada 23 Agustus 2002, kemudian diluncurkan album berthemakan Happy pada 26 Desember 2003.

     Selain bersolo karier sebagai penyanyi,  West juga  menulis lagu bagi beberapa musisi Kristen dan grup seperti  Point of Grace (salah satu band (trio) Kristen kontemporer yang top di Amerika Serikat), Mandisa (finalist American Idol) dan Natalie Grant serta Rascal Flatts (band country) dan Billy Ray Cyrus.

Kehidupan Pribadi 

     Kehidupan pribadinya tidak banyak terekspos. West menikah dengan Emily istrinya pada tanggal 10 Mei 2003, dan telah dikaruniai 2 orang putri, Luella Jane dan Delaney Ruth.  Keluarga West saat ini berdomisili di kota Nashville, Tennessee.

     West berhasil menjadi salah satu artis gospel rohani yang cukup dikenal dan penampilannya yang memukau bukan saat tampil live saja, tetapi juga berhasil mencetak hits di beberapa Radio  Kristen.

     Pada tahun 2005 Matthew dianugrahkan banyak penghargaan sekaligus pada pergelaran Dove Awards. Pada ajang tersebut dia berhasil menyabet beberapa penghargaan, suatu pencapaian yang luar biasa dari seorang mantan kapten baseball SMU.

     Pada bulan April 2007, West merasakan bahwa ia mulai mengalami masalah di suaranya. Dia berkata, "Saya telah kehilangan suara untuk jarak nada tertentu, sulit mencapai nada tinggi dan nada rendah, bahkan saya mulai sulit untuk berbicara." Ketika di chek up, dokter West di Vanderbilt Voice Center (Nashville) menemukan adanya pendarahan disebabkan oleh beberapa polip. Setelah melihat pita suaranya, dokter memberitahukan bahwa satu-satunya pilihan untuk sembuh adalah operasi. Operasi berlangsung pada 17 Mei 2007. Tentu West cemas, karena hal ini akan mengancam kariernya sebagai penyanyi. Apalagi dia disuruh istirahat total ‘berdiam’ (termasuk jangan menyanyi), selama 2 bulan.

     Walaupun demikian, pada 15 Januari 2008, Matthew West merilis album single-nya Something to Say,  yang sekaligus menjadi judul album. Lagu edisi Natal ini mencapai nomor delapan pada Billboard’s Top Christian Albums chart dan mencapai puncaknya hingga masuk chart Billboard 200. Ini merupakan album pertama West yang masuk Billboard 200. Yang menjadi produser album ini adalah Brown Bannister, Ed Cash dan Christopher Stevens. West berkata dalam sebuah wawancara bahwa lagu tersebut sudah ditulis sebelum dia mendapatkan apa yang harus dikatakan. Mengingat pada yahu 2007 dia mengalami masalah di suaranya. Radio memutar single pertama dari album ini You Are Everything. Pada Maret 2008, lagu ini menduduki tangga pertama di chart R&R’s Christian AC.

     Pada tahu 2010, Matthew West membuat album dengan konsep yang berbeda. Dia tidak menulis tentang pengalaman hidupnya sendiri, melainkan ia telah mengumpulkan berbagai pengalaman dari orang lain. West mendapatkan banyak data dan informasi tersebut dari web dan radio yang mengirimkan kisah-kisah mereka. Ada yang menceritakan tentang pemulihan, harapan, pelecehan, kasih. Kisah apapun yang menyentuh hidup mereka ditampungnya. Makanya thema yang usung nya adalah The Story of Your Life.

     Siapa yang tahu masa depan seseorang akan menjadi apa, selain tuhan. Mungkin Saudara sedang menekuni stau hobi olah raga, musik atau yang lainnya. Namun Tuhanlah yang tahu kea rah mana hidup Saudara akan ‘mengalir’.(berbagai sumber / ast / Praise #15 / 2010)   
Sumber: www.majalahpraise.com

Diskography :
1997 ( September Sun )
1998 ( Every Step of the Way )
2002 ( Sellout )
2003 ( Happy )
2005 ( History )
2008 ( something to stay )
2010 (  the story of your life )

Penghargaan Dove Awards :
2005 : new artist of the year
2005 : songs of the year
2005 : pop / contemporary recorded songs of the year
2005 : pop / contemporary of the year
2005 : recorded music of the year (Happy)  

 


COMMENT


.news-comments powered by Disqus