Lisa A. Riyanto

Lisa A. Riyanto

Published On Desember, 19 2012 | By Vido Fransisco Pardede

KINI MENJADI PELAYAN TUHAN

BELAJAR BERSYUKUR DALAM SEGALA HAL

     Namanya sudah lama tak terdengar di jagat hiburan. Namun hal ini tak membuat para pengagumnya melupakan begitu saja perempuan cantik yang memiliki nama lengkap Elisabeth Dhany Retno Putri.

     Lisa A. Riyanto, begitu nama yang akrab mengiringi karirnya sebagai seorang penyanyi terkenal, kini ia lebih sering membawakan lagu-lagu rohani daripada lagu sekuler. Tentu saja hal ini dilakukannya agar ia tetap melayani Tuhan. Ia pun merasa bahagia dan senang berada di dunia hiburan, dimana ia dapat bebas berekspresi, menyalurkan dan mengembangkan talenta yang sudah Tuhan berikan kepadanya, khususnya dalam hal seni. Selain itu, ada ketenangan hati yang luar biasa saat ia menyanyikan lagu-lagu rohani.

     Menurut Lisa, nyanyian rohani merupakan nyanyian yang seringkali mengundang Roh Tuhan lebih cepat dari hal lain apapun yang mungkin kita lakukan : “Dan saya merasakan lebih dekat dengan Tuhan melalui nyanyian dan musik rohani.”

     Dunia musik rohani di Indonesia begitu berkembang pesat dan digemari oleh muda-mudi Kristiani. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi, misalnya internet. Namun yang paling utama adalah gereja semakin berkembang dan terbuka dengan mengikuti perkembangan zaman, dan tetap fokus kepada usaha membangun rohani umat-Nya. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan mengakomodir keinginan kaum muda untuk dapat aktif, kreatif, dan berbuah secara positif bagi orang lain.

     “Lebih dari itu, Tuhan adalah sumber kekuatan dan kasih. Saya merasa Tuhan menegur, meneguhkan dan mengasihi saya melalui setiap peristiwa yang saya alami. Saya berusaha untuk selalu dekat dengan-Nya melalui lagu-lagu pujian yang saya nyanyikan, melalui doa singkat ucapan syukur yang saya ucapkan secara spontan ketika saya merasa gembira, atau doa mohon kekuatan setiap saya merasa takut, kecewa ataupun bimbang, dan saya memohon kepada Tuhan agar diberikan hati yang sabar, memaafkan dan rendah hati. Saya terus belajar mendengarkan untuk lebih mengenal kasih-Nya melalui perumpamaan dan firman-Nya, dan melakukan pelayanan kasih sebagai ungkapan cinta saya kepada Tuhan,”  demikian kesaksian Lisa ketika di temui PRAISE di salah satu Mall di Jakarta Barat.

DUKUNGAN KELUARGA DALAM PELAYANANNYA

     Putri dari musikus terkenal A. Riyanto ini memang piawai dalam menjalani perannya sebagai penyanyi, ibu rumah tangga, dan pelayan Tuhan. Di sela-sela waktunya yang padat, ia tetap memprioritaskan keluarga. Ia tak mau menyia-nyiakan waktunya bagi keluarga. Oleh sebab itu, ia sangat bahagia memiliki keluarga yang mendukung karir, pelayanannya di gereja, dan kegiatannya di beberapa yayasan sosial. “Keluarga mendukung sekali terlebih suami saya yang memberikan dorongan luar biasa terhadap seluruh aktivitas saya,” ungkapnya tersenyum.

     Adapun kegiatan-kegiatan rohani yang telah dilakukan olehLisa yang memiliki motto hidup ‘Bersyukur senantiasa atas semua yang Tuhan berikan dalam hidup kita’ adalah, membawakan kesaksian pujian, sharring iman, menjadi narasumber dan moderator, mengikuti KKR, seminar rohani, menyanyikan lagu-lagu rohani di berbagai gereja, kegiatan kepemudaan, bazaar, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan pula, Lisa menjadi salah satu Anggota PERKASIH (PERSAUDARAAN KASIH) yang aktif membantu Yayasan Bhakti Luhur sebagai seksi dana sejak 2006 hingga sekarang.

     Ketika ditanyakan mengenai tanggapannya atas eksistensi Majalah PRAISE dalam jagat sarana informasi musik rohani, perempuan yang memiliki ayat kesukaan dari 1 Tesalonika 16-18 (Bersukacitalah senantiasa, tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu) ini mengatakan, bahwa isi dari Majalah PRAISE begitu menarik sesuai dengan namanya yang bertujuan untuk mengajak semua pembacanya memuji Tuhan melalui lirik lagu dan chord musik rohani. Majalah PRAISE juga sarat dengan informasi seputar perkembangan musik rohani dari masa sebelum Yesus, pada masa Yesus, hingga masa kini. Selain itu majalah ini sangat memotivasi diri dengan cerita atau pengalaman dari tokoh atau publik figure, bentuk majalahnya pun kecil, simple, dan mudah dibawa kemana-mana.

Kini, Lisa masih sibuk promo album barunya ‘Magnificant’. Album yang diproduksi Blessing Music itu menyiratkan makna yang mendalam. Magnificant adalah hymne atau lagu pujian kepada Bunda Maria yang sesuai dengan kitab suci. Bagi Lisa, Bunda Maria tak sekedar ibu sejati, tetapi juga ibu panutan. Ia menyadari bahwa ia banyak belajar dari sosok Bunda Maria untuk menjadi taat dan setia kepada rencana Tuhan dalam hidupnya.

Dia akhir percakapan kami, Lisa mengatakan agar kita sebagai umat Tuhan selalu bersyukur senantiasa untuk segala anugerah-Nya, dan tebarkan kasih-Nya kepada semua orang melalui apa yang ada di dalam diri kita, karena Tuhan menciptakan diri kita sangat istimewa. (Vin / Praise #22 / 2012)
Sumber: www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus