Launching Alkitab GOD`S WORD

Published On Juli, 15 2014 | By David

ALKITAB
GOD’`S WORD”

Praise, Jakarta, Juli 2014

Alkitab?

           Alkitab adalah sebutan untuk kitab suci umat kristiani. Meskipun Alkitab dicetak sebagai satu jilid buku, sebenarnya Alkitab merupakan kumpulan dari 66 kitab yang terdiri dari 39 kitab Perjanjian lama (PL) dan 27 kitab Perjanjian Baru (PB) dan secara resmi diakui oleh umat Kristen sebagai kitab yang diilhami oleh Tuhan. Dalam ilmu bibliologi terdapat pelajaran yang membahas tentang Alkitab, dimana istilah bibilologi sendiri mengacu pada pelajaran tentang sifat Alkitab sebagai wahyu, dan penggunaan kata wahyu di sini untuk menerjemahkan istilah Yunani “αποκάλυψης” (apokálypsi̱s) yang berarti “mengungkap” atau “penyingkapan”. Kitab Suci agama Kristen diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dari bahasa aslinya, yaitu bahasa Ibrani, Aram dan Yunani

            Alkitab bahasa Indonesia sudah ada sejak awal abad ke-17 (tahun 1612 di Batavia), hingga saat ini sudah ada lebih dari 22 versi Alkitab yang pernah diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa Melayu-Indonesia, dan sudah diterjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa daerah, sementara beberapa bahasa seperti bahasa Jawa dan Batak memiliki lebih dari satu versi. Meskipun sudah banyak Alkitab yang beredar, bahkan disetiap keluarga Kristen telah memiliki lebih dari satu kitab, keberadaan Alkitab bagi sebagian umat masih disamakan dengan buku-buku biasa yang terdiri dari banyaknya cetakan tulisan dan lembaran kertas yang membosankan.


                                                                    

Alkitab “GOD’S WORD”                    

                Berdasarkan kemurnian hati dalam melayani dan memberitakan kabar baik kepada setiap umat, kini, penerbit buku dan Alkitab “Immanuel” bekerjasama dengan Lembaga Alkitab Indonesia (L.A.I) menghadirkan Alkitab “GOD’S WORD”, bertempat di kantor pusat TB. Immanuel, Jl. Proklamasi No. 76, Jakarta Pusat, tepatnya tanggal 05 Juli 2014, guna mempermudah umat Kristen dalam mengerti apa yang tertulis di dalam Alkitab tersebut. Adapun alasan mengapa Alkitab “God’s Word” diterbitkan, yaitu: Menumbuhkan minat baca Alkitab, memberi alternatif baru dalam membaca Alkitab, memberi sarana baru untuk diskusi kelompok, memperkenalkan Alkitab kepada orang awam.

            Dengan mengundang para awak media rohani Kristen, dan tamu undangan, persembahan pujian dari  staff  “Immanuel” mengawali acara tersebut. Pdt. Anwar Tjen, Ph. D. dari L.A.I turut mendampingi C. John Syauta, sekretaris Yayasan Pekabaran Injil dan Esdinar Purba, selaku Publishing Executive, untuk menjelaskan isi dan mengapa diterbitkannya Alkitab “GOD’S WORD” tersebut. “Alkitab God’s Word adalah Alkitab yang diterbitkan L.A.I (red : dari Kejadian sampai dengan wahyu sama dengan Alkitab lain pada umumnya), ini bukan suatu versi Alkitab baru…jadi ini Alkitab_hanya ditambahkan renungan dan catatan…” jelas C. John Syauta. Ia juga menambahkan, “ Kalau kita diberikan Alkitab yang hanya tulisan..mungkin ada keengganan, oleh sebab itu kita bantu dengan fitur-fitur yang diharapkan akan menumbuhkan minat baca Alkitab.”

      Sebagai Publishing Executive, Esdinar Purba turut menjelaskan bahwa “ Alkitab “God’s Word” ini menyoroti pesan Tuhan kepada Anda melalui tiga fitur yang berbeda, yaitu :

  • 365 Renungan Harian

Di bawah setiap tanggal Anda akan menemukan sebuah rujukan untuk bagian singkat dari Alkitab

  • 1000 Catatan Jejak Kehidupan

Catatan ini akan membawa Anda melewati studi 100 topik penting dalam Alkitab. Catatan-catatan ini akan menolong Anda mengerti apa yang firman Tuhan katakan tentang persoalan yang Anda perhatikan, Anda akan diarahkan ke catatan berikutnya.

  • 100 Bacaan Jalur Cepat

Seratus bacaan ini akan memberi Anda sebuah pandangan singkat tentang Alkitab dan pesannya dalam 100 hari.

Selain renungan, Alkitab “God’s Word” diperlengkapi dengan 1000 catatan mengenai topik penting, topik sekilas latar belakang penulisan kitab, tokoh, dan hal-hal menarik dalam setiap kitab.

            Alkitab yang memiliki berat 900 gram dengan ukuran 14,5 cm x 21,5 cm ini sangat praktis untuk dibawa kemana saja. Dengan tuntunan Indeks yang terdapat di halaman belakang Alkitab, kita dapat menemukan pada halaman berapa saja terdapat topik yang ingin kita baca. Alkitab ini mudah digunakan terutama bagi umat yang awam dalam membaca Alkitab, terlebih dengan cukup banyaknya tambahan serta penjelasan yang terdapat dalam Alkitab “ God’s Word” ini. Adanya 365 renungan harian, yang disertai dengan bacaan harian, maka dapat dipastikan pembaca dapat menyelesaikan membaca Alkitab dari Kejadian hingga Wahyu dalam jangka waktu 1 (satu) tahun. Dari pihak L.A.I, Pdt. Anwar Tjen, Ph. D, selaku Head of Translation Department, menambahkan, “ Sebab itulah terbitan yang dilengkapi dengan catatan, renungan, topik-topik yang melimpahkan hidup umat_itu sangat membantu kita semua, dan teksnya! Yang saya kira menjadi kunci yang harus saya tegaskan.., teksnya adalah tetap Alkitab yang diterjemahkan dari bahasa Ibrani, Yunani dan Aram yang kami kerjakan. Dengan demikian tidak ada persepsi yang salah bahwa ada Alkitab baru lagi di Indonesia. Kami lembaga Alkitab menjamin, Alkitab yang diterbitkan harus bebas tiap “doctrinal”, dan lebih penting lagi itu harus sampai kepada umat dan dibaca dengan penuh ingat..karena memang berbicara kepada kehidupan kita.”

           Selamat dan sukses atas peluncuran Alkitab “God’s Word”. Tentunya akan banyak umat Kristen yang terbantu dalam memahami apa yang tertulis ketika sedang membaca Alkitab. Sebelum  acara berakhir, kembali sebuah lagu dipersembahkan oleh tim  “Immanuel” guna mensukseskan acara peluncuran tersebut.  (DVD, VF)


COMMENT


.news-comments powered by Disqus