Jeremy Camp

Jeremy Camp

Published On Desember, 17 2012 | By Vido Fransisco Pardede

       Di balik cerita semua penulis lagu terkenal, pasti ada terselip kisah patah hati dan penebusan, tak terkecuali  bagi seorang Jeremy Camp. Para penggemar Jeremy Camp pasti tahu curahan hati yang dituangkan olehnya dalam bermusik. Dari suatu bentuk kekakuan yang mengekang lalu berubah menjadi emosi spiritual yang meluap luap, seperti di salah satu singles Jeremy berjudul Stay (direkam bukan untuk tujuan menjadi hit singles, tanpa melibatkan industri rekaman) yang bergaung menjadi kumpulan anak muda yang dipenuhi kerinduan akan kasih Tuhan. Apresiasi dan pengakuan didapatnya setelah album Restored dirilis.

HIKMAT DARI SEBUAH KISAH PILU

       Jeremy Camp lahir di 12 July 1978 di sebuah kota kecil Lafayette negara bagian Indiana, ayahnya seorang pastur dengan denominasi gereja Harvest Chapel di kota yang bernama Calvary Church. Ayahnya pula yang pertama kali mengajarkan bermain gitar pada Jeremy, lingkungan keluarga yang religius membuatnya sudah dekat dan akrab dengan Tuhan semenjak kecil. Setelah lulus SMU ia belajar Sekolah Alkitab di wilayah Southern California selama dua tahun dan di tahbiskan sebagai seorang penginjil. Ia mempunyai 2 orang saudara laki laki dan perempuan. Kisah yang awalnya sukacita berbalut pilu itu berawal saat dia menikahi dengan Melissa Lynn Henning pada tahun 2000, kebahagiaaan pernikahan pasangan muda ini berakhir saat sang istri meninggal pada tahun 2001 karena kanker pada usia 21 tahun. Kisah sedih ini pernah diungkapkannya dalam sebuah wawancara, ketika menjelang kematiannya sang istri berkata kepadanya “ Jika ada orang yang akan mengenal Yesus melalui kematianku, itu akan sepadan buatku “. Setelah melewati hadangan badai kehidupan tersebut Jeremy dilewatinya bersama Tuhan, dan kedekatan itu yang membuat Jeremy makin tidak terpuruk bahkan membuatnya produktif berkarya dalam musik, dia memainkan musiknya dengan warna rock kontemporer yang kental dengan vocal yang berat dan sedikit serak khas untuk melodi rock kontemporer. Lagu- lagu yang di bawakannya menjaring banyak pendengar lagu lagu Rock Kristen  khususnya anak anak muda. Pada saat dia sibuk berkarya dan melayani Tuhan, tahun 2003 Sang Sutradara Agung mempertemukannya dengan seorang wanita bernama Adrianne Liesching, vokalis band Benjamin Gates yang beraliran Rock Kristen. Dan album ‘Restored’ dirilis setelah mereka bertunangan lalu melanjutkan ke pernikahan, pasangan ini telah dikaruniai 2 orang putri Isabella dan Arianne. Jeremy mengungkapkan syukurnya kepada Tuhan melalui karya-karyanya dalam bermusik, pada tahun 2002 album Stay dirilis dengan label BEC Record awal tahun 2004 Worship Project dirilis. Kemudian diakhir tahun yang sama Restored yang yang fenomenal menggema dan menduduki berbagai chart radio Kristen, turut mewarnai Christian Music yang sudah berkembang dengan berbagai variasi genre musik.

PENGHARGAAN DAN INSPIRASI

       Gaung musik yang dimainkannya di radio , televisi dan media internet, mengangkat   nama Jeremy Camp dalam blantika musik rohani Kristen yang kemudian mengapresiasinya dengan berbagai penghargaan. Antara lain New Artist of The Year 2004 dan Male Vocalist of The Year 2004 pada Annual GMA Award, di tahun berikutnya 2005 dia mendapatkan penghargaan Recorded Songs of The Year 2005 pada ajang yang sama. Sampai saat ini Jeremy masih eksis dengan karyanya, terakhir pada tahun ini dia merilis The Worship Project yang diberi judul We Cry Out. Dalam situs resminya Jeremy menyatakan “Saya menyadari saya ada di panggung ke panggung, untuk membagikan cerita kasih Tuhan kepada ribuan orang dan menyatakan kebenaranNya, tetapi saya juga masih membutuhkan gambaran Kristus setiap hari ”. Mungkin kepahitan hidup tidak hanya dialami oleh seorang Jeremy Camp saja, tetapi melalui kisah hidupnya ini bisa menjadi inspirasi buat anak anak Tuhan atau siapa saja yang kehilangan orang yang mereka kasihi, bagaimanapun getirnya kenyataan dia tetap setia dekat dengan Tuhan. Dan semua yang telah dicapainya tidak serta merta membuat seorang Jeremy Camp menjadi pribadi yang tinggi hati, orang orang dekatnya tetap mengenalnya sebagai seseorang yang rendah hati dan enerjik penuh semangat. (ast / Praise #13 / 2010)
Sumber: www.majalahpraise.com    

Diskografi :

      Album :

  • Stay, tahun 2002 BEC Records
  • Carried me : The Worship Project, tahun 2004 BEC Records
  • Restored, tahun 2004 BEC Records
  • Beyond Measure, tahun 2006 BEC Records
  • Speaking Louder Than Before, tahun 2008 BEC Records
  • We Cry Out : The Worship Project, tahun 2010

  Penghargaan :

  • Artis pendatang baru terbaik tahun 2004 Gospel Music Award
  • Penyanyi Pria terbaik  tahun 2005 Gospel Music Award
  • Lagu Rock Rohani terbaik tahun 2005 Gospel Music Award  

 


COMMENT


.news-comments powered by Disqus