God Will Make A Way (Dia Buka Jalan)  (Don Moen)

God Will Make A Way (Dia Buka Jalan) (Don Moen)

Published On Desember, 12 2012 | By David

            Dalam dunia musik rohani, Don Moen telah menjadi penyanyi yang sukses dengan puluhan album, seperti ‘Thank You Lord’, ‘Arise’, ‘Give Thanks’, ‘Hiding Place’, dan masih banyak lagi. Ratusan lagu yang ditulis Don Moen kebanyakan didasari dari pengalaman hidup dan pelayanannya bersama Tuhan, seperti halnya dengan lagu ‘God Will Make A Way’. Rupanya ada kisah menarik di balik penciptaan lagu yang sudah diterjemahkan dengan judul ‘Dia Buka Jalan’ ini.
            Lagu ini diciptakan Don Moen setelah tragedi yang dialami keluarganya. Pada suatu malam Don Moen menerima kabar lewat telepon bahwa adik iparnya telah kehilangan putra sulungnya dalam suatu kecelakaan mobil. Kisah tersebut berawal dari Craig dan Susan Phelps dan keempat anak mereka sedang dalam perjalanan dari Texas ke Colorado. Tiba-tiba mobil mereka ditabrak oleh truk kontainer. Pada saat tabrakan semua anak mereka terlempar keluar dari mobil. Hanya mereka berdua saja yang masih berada di dalam mobil.               
            Dengan susah payah, mereka mencari keempat anak mereka dan mengumpulkannya di suatu tempat. Keempat anak mereka mengalami luka parah, bahkan Craig -yang adalah seorang dokter- sedih ketika mendapati Jeremy, yang telah meninggal karena patah leher, sehingga tak ada lagi yang dapat dilakukan untuk menolongnya.
            Sewaktu Don Moen menerima kabar tersebut beberapa jam kemudian ia berkata : "Saya merasa terguncang, tapi besok saya harus terbang ke kota lain untuk melakukan rekaman sesuai dengan jadwal yang telah diatur beberapa minggu sebelumnya. Sekalipun mereka berduka, saya tak dapat bersama mereka sampai satu hari sebelum pemakaman”. Dalam penerbangan pagi itu Tuhan memberi suatu inspirasi baginya satu lagu baru dengan syair sebagai berikut, “God will make a way where there seems to be no way. He works in ways we cannot see, He will make a way for me. (Dia buka jalan saat tampaknya tiada jalan. Dengan cara yang tak terlihat, Dia buka jalan bagiku)”. Lagu ini didasarkan pada Yesaya 43:19 : “Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh. Belumkah kamu mengetahuinya? Ya, aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara”.
             Di kemudian hari Susan menulis : “Kami melihat kebenaran dari ayat tersebut”. Sewaktu teman-teman Jeremy mengetahui bahwa ia telah menerima Kristus sebelum ia meninggal, mereka mulai bertanya-tanya kepada orang tuanya masing-masing tentang suatu jaminan untuk masuk Surga sewaktu mereka meninggal. Kecelakaan itu juga membawa berkat terselubung bagi Craig dan Susan, karena sejak peristiwa itu hubungan mereka dengan Tuhan semakin meningkat bahkan mereka memutuskan untuk melayani-Nya.
             Susan juga menceritakan : “Di hari kecelakaan itu sewaktu keluar dari mobil untuk menolong anak saya, saya melihat bahwa putra sulung saya telah meninggal. Saat itu pula, saya sering marah dan mengalami kepahitan. Namun, saya secara total menerima semua rencanaNya. Saya pun melihat buah dari semua pilihan itu secara terus menerus. Saya rasa bahwa kematian putra saya tak sia-sia. Saat saya mengetahui, di kemudian hari begitu banyak jiwa yang datang pada Tuhan karena tragedi ini. Benar ! Ia telah membuka jalan bagi kami sekeluarga”.
             Setelah lagu ‘God Will Make A Way’ direkam, Don Moen menerima begitu banyak telepon, surat dan sharing yang menyatakan bahwa lewat lagu itu Tuhan telah menolong mereka keluar dari situasi yang begitu terpuruk sehingga memberi mereka kekuatan, iman dan harapan baru untuk menghadapi rasa kehilangan yang dialami. Melalui kesaksian ini membuktikan bahwa Tuhan tidak pernah kehabisan cara untuk menolong umatNya.
             Don Moen dilahirkan di Minnesota, USA pada 20 Juni 1950. Ia telah banyak memberkati bangsa-bangsa melalui lagu-lagu yang ditulisnya. Tidak hanya di negerinya sendiri, tapi ia juga banyak memberikan kontribusi dalam dunia musik Indonesia. Karena baginya, menjadi seorang penyembah sejati adalah seorang yang selalu mendahulukan kepentingan Tuhan, bukan hanya soal musik.
             Kesuksesannya dimulai tahun 1984, ketika Integrity Music memintanya untuk memimpin pujian di salah satu album Hosannanya yang pertama, ‘Give Thanks’. Proyek ini menjadi salah satu album yang paling populer dari Integrity Record. Don akhirnya bergabung dan menjabat sebagai President Integrity Music dan Eksekutif Vice President / Direktur Kreatif untuk Integrity Media, sebuah perusahaan komunikasi dan rekaman ternama di Alabama, mulai Oktober 1988 sampai Desember 2007.    
             Akhir tahun 2007, Don Moen memutuskan untuk meninggalkan jabatannya di Integrity Music. Ini adalah keputusan yang sulit. Bagaimana tidak, di usianya yang sudah 60 tahun ini, ia menyadari kalau ternyata dirinya sangat sibuk dengan hal-hal yang sifatnya administratif. Dan hal inilah yang telah mendorongnya untuk meluncurkan banyak album baru di usia senjanya. (Kisah selengkapnya dapat dibaca dalam buku Story Behind The Song terbitan Yis production) / (Sumber : Praise #4).

Lirik & chord lagu nya dapat dilihat di SONGS

 GOD WILL MAKE A WAY

God will make a way
Where there seems to be no way
He works in ways we cannot see
He will make a way for me
He will be my guide
Hold me closely to His side
With love and strength for each new day
He will make a way He will make a way

By a roadway in the wilderness He`ll lead me
And rivers in the desert will I see
Heaven and earth will fade
but His Word will still remain
He will do something new today

DIA BUKA JALAN

Dia buka jalan Saat tiada jalan
Dengan cara yang ajaib Dibukanya jalanku
Dia menuntunku  Dan memeluk diriku
Dengan kasih dan kuasaNya Dia buka jalan

Di belantara Dia tetap menuntunku
Sungai di gurun aku temui
Langit bumi `kan lenyap
Tapi firmanNya tetap
Saat ini Dia buka jalan

Sumber : www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus