Ebenezer Christian Academy

Published On Oktober, 31 2014 | By Vido Fransisco Pardede

           Di jaman yang semakin maju ini, banyak orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang bermutu kepada anaknya, salah satunya dengan memasukkannya dalam Home Schooling. Karena dianggap Home Schooling sangat efektif, dan biasanya anak pintar itu karena kondisi di rumahnya sudah membentuk anak jadi pintar. Lihat saja anak-anak berprestasi di sekolah, itu karena di rumah mereka memang terbentuk untuk rajin belajar, disiplin, perilaku sopan santun dan ini kenyataannya sangat menolong sekolah untuk lebih memacu prestasinya. Efektivitas belajar memang lebih nampak pada homeschooling, karena homeschooling melibatkan orang tua dan anak terpantau sebagai sebuah pribadi yang punya potensi dan kemampuan berkembang tersendiri sementara di sekolah, guru harus menangani begitu banyak murid sehingga tidak bisa memperhatikannya satu persatu. Oleh karena itu tak bisa dipungkiri kalau saat ini Sekolah Program Home Schooling seakan sudah menjamur di berbagai daerah.

Ebenezer Christian Academy merupakan salah satu Sekolah Program Home Schooling yang didasarkan dari kurikulum ACE (Accelerated Christian Learning). Sudah lebih dari 35 tahun, ACE telah dikembangkan dan menyediakan kursus akademis dalam perspektif Alkitabiah untuk kepentingan  siswa-siswa di seluruh dunia. Ebenezer Christian Academy bernaung di bawah Yayasan Ebenezer Bina Karakter yang juga menyediakan Sekolah Khusus untuk anak-anak kurang mampu yang lebih dikenal dengan Sekolah Mentari (Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini). Ebenezer berdiri sebagai jawaban untuk orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang lebih efektif dan berkualitas kepada anaknya yang sesuai dengan keinginan anak.  “Ebenezer berdiri karena kemurahan Tuhan, kami dipanggil sebagai wadah, karena sebenarnya banyak anak2 masuk sekolah biasa mereka tidak bisa menemukan sebenarnya apa yang mereka mau dalam kehidupannya apalagi di sekolah ini mereka bisa belajar dengan rileks karena di sini metode pembelajaran lebih mudah karena anak-anak difokuskan ke kelas-kelas yang mereka mau dan inginkan.”ungkap Mrs. Ching-ching  selaku Kepala Sekolah Ebenezer Christian Academy. Seperti apa yang menjadi misi dari Ebenezer,yaitu Academic Exellence, Fun Studying Environment, Teaches Responsibilities & Accountability, Interactive Field Study.

                Ebenezer Christian Academy yang terdiri dari SD, SMP, SMA dan hingga saat ini tercatat rata-rata ada sekitar 80 siswa yang terdaftar dan juga telah meluluskan sebanyak 45 Siswa SMA yang telah kini melanjutkan di perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Tidak hanya membekali siswa dengan pendidikan saja, tetapi juga mengembangkan kepentingan rohani siswa dalam perspektif Alkitabiah, ini juga menjadi tugas dari Ebenezer Christian Academy dan bahkan sekolah-sekolah lainnya baik formal maupun nonformal. Menerapkan kurikulum dari USA untuk system pembelajarannya, Ebenezer diharapkan bisa mencetak siswa-siswi yang bisa bersaing dengan lulusan-lulusan sekolah lainnya untuk masuk ke perguruan tinggi luar negeri. Tidak hanya itu saja Ebenezer juga mengkombinasikan kurikulum USA dengan kurikulum nasional dengan persentase kurikulum 80% USA dan 20% Nasional, ini ditujukan untuk siswa-siswi yang ingin melanjutkan perguruan tinggi di dalam negeri. Tepat Tanggal 29 September 2014, bertempat di salah satu Restaurant di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Ebenezer Christian Academy menyelenggarakan Ebenezer Christian Academy 7th Anniversary Celebration and Graduation Ceremony, acara peringatan 7 tahun berdirinya Ebenezer Christian Academy dan acara wisuda untuk siswa-siswi SMA lulusan Ebenezer. Dihadiri oleh siswa-siswi, alumni, para orang tua dan guru-guru, acara ini dikemas dengan Praise & Worship dan renungan singkat yang disampaikan oleh Pdt. Petrus Agung. Siswa-siswi juga menampilkan bakat mereka seperti dance, ballet, dan lainnya membuat suasana semakin meriah. Dan tiba di acara yang pastinya ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi dan orang tua adalah Wisuda alumni SMA dan pembagian Sertifikat serta piala penghargaan untuk siswa-siswi yang berprestasi. Layaknya seorang lulusan perguruan tinggi, mereka pun (red: alumni SMA Ebenezer) mengenakan pakaian toga saat resmi diwisuda oleh Kepala Sekolah dan guru. Terlihat wajah sukacita dan bahagia dari banyak pasang mata yang hadir dalam acara tersebut. “saya percaya Ebenezer adalah suatu panggilan dari Tuhan untuk kita melayani bidang edukasi, dan saya percaya suatu hari nanti Tuhan akan membukakan jalan-jalan yang lebih lagi untuk kita bisa menjadi berkat  yang lebih untuk anak-anak era ini.” Harapan dari Kepala Sekolah Ebenezer Christian Academy. (VFP)


COMMENT


.news-comments powered by Disqus