Dia Mengerti (Issac Arief)

Dia Mengerti (Issac Arief)

Published On Desember, 12 2012 | By David

             Lagu ‘Dia Mengerti’ sangat populer di kalangan Kristen tahun 2008-2009an. Lagu ini pernah dinyanyikan oleh puluhan musisi Indonesia seperti Franky Sihombing, Maria Shandi, Feby Febiola, Samuel AFI Junior, Joy Tobing, dan masih banyak lagi. Ada lebih dari 50 album memuat lagu ini. Tapi tahukah Saudara kisah di balik lagu ini dan apa yang melatar-belakanginya ? Namun sebelumnya kita kenala dulu ya dengan bapa yang sangat serius dan konsisten dengan musik ini.

SERIUS & KONSISTEN AKAN MUSIK
            Saat tim PRAISE mewawancarai, Bapak Isaac Arief menjadi gembala sidang di GBI Bhayangkara, Ponorogo. Lagu-lagu lain yang pernah ia tulis adalah ‘Roh Kudus Datanglah, Lekat Erat, Yesus Sangat Mengerti’, dan masih banyak lagi.
            Saat ini beliau sedang mencoba merambah ke industri musik sekuler dengan membantu mempersiapkan album bagi anaknya. Bapak Isaac Arief sangat serius dan konsisten menekuni bidang musik bahkan kini menjadi mentor dalam memberi pengarahan, pemilihan lagu rohani, mencarikan pemain musik, backing vocal, sampai pada pemasaran album-album yang diproduserinya.
            Musik baginya sangat penting, tapi melihat kondisi anak muda sekarang, ia berharap agar anak muda lebih mengutamakan Tuhan lebih dahulu guna persiapan menjadi orang yang dikenal. Dan karena kecintaannya pada musik rohani, maka dalam hal menulis lagu, ia tidak mau sembarangan. Menurutnya ada beberapa hal penting bagi seorang song writer dalam mencipta lagu, yaitu motivasinya harus mengajarkan kebenaran firman Tuhan, meninggikan Kristus dan harus belajar firman dengan sungguh-sungguh supaya tidak keluar dari jalurNya.
            Bapak Isaac Arief pernah membuat majalah musik sekuler yang bernama ‘Top Chord’. Tahun 70-an majalah ini cukup dikenal masyarakat, tapi sayangnya sekarang majalah ini sudah tidak terbit lagi.
            Saat masih muda, Isaac Arief adalah ketua youth di gerejanya. Tapi meskipun sudah menjadi orang Kristen hidupnya masih berantakan. Dulu ia adalah seorang pengusaha majalah dan garmen. Jadi saat itu ia sudah mempunyai uang dan sering bergonta-ganti pacar. Jika datang ke gereja selalu duduk di belakang, dan bukannya Alkitab yang dibawa melainkan koran. Tapi akhirnya ia benar-benar mengikuti Tuhan dan menjadi hambaNya dengan lebih serius saat bergabung dalam Youth With A Mission di Lembang, Jawa Barat pada tahun 1982. Isaac Arief memiliki seorang istri yang bernama Ruth Noviana Budiman dan memiliki dua orang anak, yaitu Claudia Jane Susanto dan Samuel Adriel Susanto.

LAGU ’DIA MENGERTI’ SADURAN DARI KISAH ALKITAB
            Lagu ini diciptakan oleh Rev. Isaac Arief pada tahun 2008. Inspirasi lagu ini diambil dari kisah mengenai Tuhan Yesus yang membangkitkan Lazarus dari kematian. Waktu Lazarus masih sakit di kampung Betania, kedua kakaknya, yaitu Maria dan Marta mengirim kabar kepada Yesus dengan harapan Dia akan segera datang dan menyembuhkannya. Namun, Yesus sengaja mengulur waktu dengan tujuan untuk mengajarkan tentang iman. Akibatnya, penyakit Lazarus makin parah dan iapun meninggal. Terlambat sudah dan tak ada harapan lagi, apalagi keadaan Lazarus telah 3 hari di dalam kubur, mungkin hampir membusuk.
           Berakhirkah kisah ini dengan kepedihan, kekecewaan dan keputus-asaan? Tidak. Cerita pun bergulir dan hambatan iman muncul. Murid-murid ketakutan dan mengingatkan Yesus untuk tidak kembali ke Yudea, karena baru saja di sana Dia dilempari batu. Murid-murid membatasi kuasaNya dengan berkata : “Tuhan jikalau ia tertidur, ia akan sembuh”. Rasa pesimis Thomas nampak dari perkataannya. “Marilah kita pergi juga untuk mati bersama-sama dengan Dia”. Walaupun Marta tahu tetapi dia percaya kebangkitan terjadi pada masa yang akan datang, bukan masa kini. Setelah hambatan ini teratasi, mujizat pun terjadi dan Lazarus bangkit dari kematian (Yohanes 11:1-44).
            Kisah di atas merupakan landasan berpikir dalam menulis lagu ‘Dia Mengerti’, yang meluncur begitu saja sebagai karya Roh Kudus saat penyembahan dalam pergumulan mengatasi persoalan ekonomi. Tanpa disadari, rupanya melalui lagu ini banyak orang yang merasa dikuatkan dan diberkati. (Kisah selengkapnya dapat dibaca dalam buku ‘Story Behind The Song’ terbitan YIS production, lengkap dengan foto-fotonya) / (Sumber : Praise #12).

Lirik & chord lagu nya dapat dilihat di SONGS

DIA MENGERTI

Terkadang kita merasa Tak ada jalan terbuka
Tak ada lagi waktu Terlambat sudah
Tuhan tak pernah berdusta Dia s`lalu pegang janjiNya
Bagi orang percaya Mukjizat nyata

Reff:
Dia mengerti, Dia peduli Persoalan yang sedang terjadi
Dia mengerti, Dia peduli Persoalan yang kita alami
Namun satu yang Dia minta Agar kita percaya
Sampai Mukjizat menjadi nyata Tuhan mengerti.

Sumber: www.majalahpraise.com


COMMENT


.news-comments powered by Disqus