Dewi Guna

Dewi Guna

Published On Desember, 18 2012 | By Vido Fransisco Pardede

LEWAT MUSIK BERTEMU HADIRAT TUHAN

            Pernah dengar dong nama penyanyi rohani yang satu ini? kualitas vocalnya tidak kalah dengan salah satu diva Indonesia. Nggak percaya? coba dengar lagu-lagu yang dinyanyikannya. Nah kali ini PRAISE berhasil mewawancarai Dewi Guna. Berikut hasil wawancaranya.

Sedang sibuk apa nih sekarang?
Sedang mengerjakan album keempat yang akan segera rilis berikut paket VCD nya dan sedang menikmati masa kehamilan anak pertama dan tidak sabar untuk melihat karya Tuhan terlahir ke bumi ini

Ceritain dong awal mula berkarir di blantika musik?
Dari kecil orang tua sudah melihat kelebihan aku di bidang tarik suara. Awalnya mereka suka “maksain” nyanyi kalau ada saudara datang tapi lama kelamaan mulai muncul kecintaan. Kemudian ikut beberapa lomba dan menjadi juara. Saat kuliah di Bandung bertemu dengan musisi-musisi dan orang yang berhubungan dengan musik di dalamnya.
Aku merasa sudah di dalam Tuhan saat itu, tapi ada keinginan untuk membuat album sekuler supaya orang-orang di luar sana juga bisa dijangkau. Beberapa kali aku masukin demo ke perusahaan rekaman sekuler tapi justru semakin banyak juga kesempatan diundang di acara-acara rohani dan yang paling berkesan pada saat itu adalah pertemuanku dengan Franky Sihombing di konser musik rohani di Bandung. Aku tidak menduga suaraku yang hanya menyanyikan satu bait (waktu itu nyanyi rame-rame) sangat mengesankan untuk FS. Yang tadinya saya mau minta tanda tangan seperti teman-teman yang lain, eh malah FS minta nomer HP saya. Saya ingat waktu itu saya belum punya hp jadi saya memberikan nomer telepon kost-an saya. Itulah awalnya kami memulai kerja sama dan puji Tuhan saya langsung dipercaya untuk menyanyikan satu lagu berduet dengan FS di album “Saat Menyembah 3”. 

Punya visi misi dalam bermusik?
Saya melihat ke depannya nanti musik menjadi bahasa yang paling bisa diterima tentang berita Kerajaan Sorga kepada orang-orang di sekeliling kita. Pengaruh musik sangat besar, lewat musik aku bertemu dengan hadirat Tuhan, semakin dekat dengan Tuhan, kembali ke jalan Tuhan, menyembuhkan hatiku yang luka, mengekspresikan kebahagiaan saya dan bahkan sangat memberkati hidup saya baik secara materi maupun hal lainnya.

Pernah  nulis lagu? Dapat inspirasinya darimana?Judulnya?
Di album ketiga ‘The Message’, saya menciptakan lagu yang berjudul ‘Kasih’. Inspirasi lagu ini berasal dari bagaimana Tuhan memulihkan hubungan saya dengan pacar saya dulu yang sekarang sudah menjadi suami saya. Ceritanya sederhana sekali tapi karena segala sesuatu saya serahkan sama Tuhan termasuk kalau ada pertengkaran pertengkaran kecil di antara kami, akhirnya Tuhan melembutkan hati kami berdua. Dan Tuhan semakin menunjukkan kualitas yang luar biasa.

Kabarnya pernah ikut Indonesian Idol ya? Kapan? Sampai berapa besar?
Saya ikut Indonesian Idol yang pertama. Saya sampai tahap finalis 30 besar. Saya bangga bisa ikut kompetisi II saat itu walaupun tidak maju ke tahap selanjutnya, terus terang sedikit gemes, karena saya merasa sudah memberikan yang terbaik, dengan kondisi tubuh yang baik juga, tetapi saya sungguh sadar itu jawaban doa saya. Waktu itu saya berdoa, Tuhan yang memulai, Tuhan juga yang akan menyelesaikannya. Jadi saya bersyukur Tuhan mengijinkan saya sampai di situ untuk memulai hal-hal baru lainnya yang akan diselesaikan juga dengan cara Tuhan.

Sudah pelayanan kemana aja? Punya pengalaman berkesan saat pelayanan?
Wah, kalau ditanya kemana saja bisa nggak selesai. Kalau ditanya belum pelayanan kemana juga bisa ga selesai. Hehe..Dari semua daerah yang pernah saya datangi waktu pelayanan, semuanya memiliki kesan tersendiri

Kamu mengikuti nggak perkembangan musik rohani Kristen? Pendapatnya?
Cukup mengikuti. Dan saya mau bilang musik rohani sangat tidak kalah dari musik sekuler. Baik dari segi musikalitas (tempo, irama dll). Bahkan ada beberapa artis sekuler di luar Kristen yang nge-fans sama beberapa band atau vokalis rohani baik Indonesia maupun luar negeri.

Arti Yesus dalam hidup kamu?
Yesus adalah cinta sejati saya. Yesus adalah Papa saya, teman terbaik saya dan guru yang sangat menghargai saya. Saya punya pengalaman pribadi lewat satu bagian kecil dalam tubuh saya yang tidak sempurna yang membuat saya merasa minder selama bertahun-tahun sampai suatu waktu Tuhan Yesus berbisik di telinga saya kalau Dia sudah membayar saya lunas di kayu salib. Dia rela mati untuk saya, dan sejak saat itu saya tau saya terlalu berharga.(min / Praise #13 / 2010)

Sumber: www.majalahpraise.com

Tentang Dewi Guna

Nama lengkap                         : Rotua Dewi Guna Nababan
Nama suami                            : Jhon Hendra Simbolon
Tempat Tanggal lahir                : Tarutung, Tapanuli Utara, 13 Maret 1981
Pendidikan terakhir                  : S1 Akuntansi FE UNPAD
Nama Orangtua                        : (alm)Darwin Nababan & Duma Siahaan
Motto hidup                              : Make your life meaningful
Penyanyi favorit                        : Kirk Franklin, Israel Houghtoun, Whitney Houston
Hobi                                        : Musik, traveling, nonton
Album                                     : 1. Inspiration (2005) 2. TentangMu (2007) 3. The Message (2008)


COMMENT


.news-comments powered by Disqus